Pangdam XVII/Cenderawasih : Jalin Komunikasi dan Dorong Percepatan Pembangunan Di Papua

Jalin komunikasi dengan semua elemen, melayani masyarakat dan mendorong percepatan pembangunan di Papua menjadi atensi Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han saat memberikan pengarahan kepada Prajurit Satgas Yonif 503/MK, Yonif 323/BP dan Tim Taipur Kostrad, bertempat di Aula Mayonif 754/ENK Jln. Trans Nabire Mile 32, Distrik Kuala Kencana, Kab. Mimika, Papua, Minggu (25/2/2024).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cen Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M dalam keterangannya.

“Pengarahan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada Prajurit TNI dalam bertugas di wilayah Papua,” ungkap Kapendam.

Sementara itu, dalam pengarahannya Pangdam XVII/Cen Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han menyampaikan perlunya mengenali dan melayani masyarakat seperti keluarga sendiri dengan memberikan teladan yang baik.

“Bertugas di tengah-tengah masyarakat harus memperlakukan seperti keluarga sendiri, karena kehadiran Prajurit TNI untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Papua,” kata Pangdam.

“Kenali masyarakat, dengan memberikan sapa senyum dan memberikan bantuan kepada masyarakat dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah,” tambah Mayjen Izak.

Lebih lanjut Pangdam menegaskan bahwa saat ini situasi sudah membaik dan masyarakat telah percaya dengan TNI, sehingga diharapkan dapat menjaga apa yang telah dilakukan Kodam XVII/Cen.

Tak hanya itu, bahkan Pangdam mengungkapkan orang-orang yang ingin memisahkan diri dari NKRI adalah saudara yang tidak untuk dimusuhi, namun harus didekati, dirangkul dan diajak untuk bersama-sama membangun Papua.

“Yang ingin memisahkan diri dari NKRI adalah saudara dan tidak untuk dimusuhi, tetapi justru didekati, dirangkul dan diajak membangun Papua,” ungkap Pangdam.

“Bangun kepercayaan masyarakat kepada NKRI khususnya kepada TNI. Untuk itu, harus membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat, sehingga masyarakat percaya kepada TNI.”

“Kembangkan kerjasama dengan baik dengan semua elemen masyarakat dan dorong percepatan pembangunan di Papua. Layani dan bantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Pangdam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kolonel Inf Luhut Bernandus Sidabariba, S.I.P., M.M.(Asintel Kasdam XVII/Cen), Kolonel Inf Angkat Purbadi, Letkol Inf Arif Budi Situmeang (Waasops Kasdam XVII/Cen), Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto, Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi (Dandim 1710/Mimika), Letkol Inf Gurbasa Samosir (Danyonif Satgas 503/MK), Mayor Inf Cecep Cahyadi (Danyonif 754/ENK), Mayor Inf Cosmos (Kasiops Satgas Sektor Timur), Kapten Kav Dedi S. David (Dandenkav-3/SC), Kapten Inf Bagus (Wadansatgas Yonif 503/MK), dan Lettu Inf Anggis Kunto Prasetyo (Pasiminlog Satgas Yonif 323/BP).

Check Also

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Jaga Hubungan Dengan Masyarakat Melalui Komsos

Timika ~ Kondisi wilayah binaan merupakan tanggung jawab Babinsa selaku aparat kewilayahan dan untuk mengantisipasi …