PERINGATI HUT TNI KE -76, KODIM 1705/NABIRE GELAR KEGIATAN PERLOMBAAN TARI YOSPAN

Nabire ~ Bertempat di aula Pandu Sakti Makodim 1705/Nabire, sebanyak 5 tim penari yang terdiri dari masyarakat sipil maupun anggota persit KCK di Kabupaten Nabire mengikuti perlombaan tari Yospan dalam rangka peringatan HUT Ke-76 TNI di wilayah Kodim 1705/Nabire.

Tari Yospan adalah jenis tarian Kontemporer yang menggambarkan pergaulan atau persahabatan kaum muda-mudi Biak Numfor. Tarian ini muncul pada tahun 1960 yang kemudian sempat menjadi bagian dari senam kesehatan jasmani di sejumlah instansi pemerintahan. Yospan sendiri adalah bentuk akronim dari kata Yosim Pancar dengan karakter adat Papua yang kental.

“Kegiatan ini merupakan wadah untuk melestarikan budaya adat Papua dengan momentum HUT TNI sebagai dasar pelaksanaan, sehingga adat Papua tidak mudah luntur dan hilang ditelan zaman. Selamat berlomba, junjung tinggi sportifitas, jaga kekompakan dan lakukanlah yang terbaik”, kata Dandim.

Tampa mengurangi disiplin protokol kesehatan, hanya ada 5 tim saja yang ikut dalam perlombaan. Untuk katagorinya lebih dominan mencakup kalangan ibu Persit itu sendiri. Adapun maksud dan tujuannya adalah untuk mengurangi kerumunan sehingga kegiatan ini juga mengurangi resiko penularan covid 19. (Prod/Cen)

Check Also

MUDAHKAN AKSES ANTAR KAMPUNG, SATGAS TNI PELOPORI PERBAIKAN JEMBATAN DI PERBATASAN RI-PNG

Keerom – Berlomba-lomba dalam kebaikan, hal inilah yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada …