Safari Ramadhan Di Makorem 172/PWY, Kasdam Berikan Santunan Kepada Anak Yatim

Demi terus mempererat hubungan silaturahmi, Pangdam XVII/Cenderawasih yang diwakili Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto didampingi Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XVII/Cen Ny. Widya Hariyanto dan rombongan melaksanakan Safari Ramadhan 1445 H/2024 M, bertempat di Aula Makorem, Abepura, Kota Jayapura, Minggu (31/3/2024).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E.,M.M. dalam keterangannya.

Kedatangan Kasdam beserta rombongan di Makorem disambut oleh Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono bersama Ketua Persit KCK Koorcab Rem 172.

Rangkaian safari Ramadhan pada hari ke-20 ini juga dirangkai pemberian santunan oleh kepada anak Yatim di lingkungan keluarga besar Korem 172/PWY.

Mengawali kegiatan ini, Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono mengucapkan terima kasih kepada Kasdam beserta rombongan yang telah hadir mengikuti safari Ramadhan, serta sekaligus merayakan ulang tahunnya yang ke-52 tahun.

Di tempat yang sama, Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto mengatakan Safari Ramadhan yang diselenggarakan tersebut erat kaitannya dengan pembinaan mental kerohanian, sekaligus sebagai sarana untuk memperkuat kebersamaan, kekeluargaan dan persaudaraan antara pimpinan dan bawahan maupun sesama Prajurit, PNS beserta keluarganya di lingkungan Kodam XVII/Cenderawasih.

“Secara spiritual, implementasi makna bulan Suci Ramadhan agar kita bisa saling mengingatkan dalam kebaikan, guna mencapai derajat taqwa sebagai tujuan akhir dari pelaksanaan ibadah puasa,” jelas Kasdam


“Kita semua tentu berharap agar momentum ibadah puasa Ramadhan dapat mendorong untuk lebih meningkatnya kedisiplinan, kejujuran dan ketaatan yang didasari oleh ketulusan dan keikhlasan.”

“Diharapkan ibadah puasa Ramadhan yang dilaksanakan dengan benar juga akan melatih dan menanamkan kemampuan pengendalian diri, sehingga mampu menghindari berbagai tindakan indisipliner/pelanggaran yang semestinya dapat dihindari dalam kehidupan sehari-hari. yang tidak saja merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan, akan tetapi juga akan merusak citra tni. disitulah letak keselarasan antara nilai-nilai yang terkandung dalam puasa Ramadhan guna membangun karakter dan menanamkan nilai-nilai keprajuritan,” imbuh Brigjen TNI Hariyanto.

Selanjutnya, kegiatan ceramah yang dibawakan oleh Ustadz DR. H. Makmur Tajuddin, S.Ag., S.H., M.M., M.H. (Dosen Universitas Dr. Husni Ingratubun Papua) menyampaikan tentang bagaimana meningkatkan ketaqwaan dengan memperkuat persatuan dan kesatuan.

“Berkat TNI Kamtibmas Papua terjaga sampai kepedalaman dengan mengedepankan kasih sayang dan kedamaian,” jelasnya.

“Taqwa harus disertai usaha dan ikhtiar, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya, melakukan perintah shalat 5 waktu, perkuat silaturahmi dan berpuasa di bulan Ramadhan. Dan semua harus bersyukur Tuhan akan memberikan jalan dan rezeki kepada orang yang bertaqwa. Demikian pula Prajurit TNI dalam melaksanakan tugas harus juga bertaqwa agar selalu membawa keberkahan,” ungkap Ustad Makmur Tajuddin.

Hadir dalam kegiatan tersebut Irdam XVII/Cen Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M., Kapoksahli Pangdam XVII/Cen Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., Danrindam, Para Asisten Kasdam XVII/Cen, Para Pejabat dan Dansat/Kabalak Kodam XVII/Cen, Pengurus Persit KCK PD XVII/Cen serta para prajurit dan PNS Korem 172/PWY.

Check Also

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Jaga Hubungan Dengan Masyarakat Melalui Komsos

Timika ~ Kondisi wilayah binaan merupakan tanggung jawab Babinsa selaku aparat kewilayahan dan untuk mengantisipasi …