SUKSESKAN EVENT NASIONAL, PANGDAM XVII/CENDERAWASIH BERSAMA PEJABAT TNI POLRI GELAR RAPAT BAHAS PON XX PAPUA

Jayapura – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A menggelar rapat bersama para pejabat Kodam, Polda Papua, Lantamal X Jayapura dan Lanud Silas Papare dalam rangka PON XX Papua 2021, bertempat di Ruang Bina Yudha Makodam XVII/Cenderawasih. Kamis (19/8/2021).

Dalam rapat tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan sebagai aparat keamanan TNI-Polri yang berada di Provinsi Papua memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengamankan Event Nasional PON XX agar dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

“Di samping bertugas dalam pengamanan, kita juga memiliki tugas dan tanggung jawab lain yang diberikan oleh PB PON XX Papua, yaitu menyediakan fasilitas akomodasi untuk tempat tinggal para atlet, menyiapkan lahan venue dan penyelenggaraan Kirab Api PON XX,“ kata Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Dengan adanya rapat ini, dimaksudkan untuk melihat sejauh mana kesiapan dalam membantu PB PON guna mensukseskan Event Nasional PON XX di tanah Papua, terutama terkait masalah pengamanan serta hal-hal yang lainnya agar saat pelaksanaan PON XX benar-benar siap 100% tanpa ada kendala apapun,” tambah Pangdam XVII/Cenderawasih.

Lebih lanjut, Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan bahwa sebagai aparat TNI-Polri yang berada di Papua, saat ini merupakan ujung tombak untuk turut serta dalam mensukseskan PON XX Papua.

“Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam penyelenggaraan PON XX ini banyak pejabat Kodam maupun Polda Papua yang ditunjuk untuk menjadi panitia, bahkan sebagai Komandan Kontingen dalam pelaksanaan PON XX. Maka kesuksesan event ini merupakan tanggung jawab kita, dan apabila terdapat kekurangan atau kendala-kendala yang dihadapi, mari kita berdiskusi untuk mencari solusi terbaik,” jelas Pangdam XVII/Cenderawasih.

Pada kesempatan rapat tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan hasil peninjauan venue PON XX yang masih terdapat masalah, namun sudah dapat teratasi.

“Beberapa hari yang lalu saya bersama Kapolda Papua, Bupati Kab. Jayapura, Walikota Jayapura dan PB PON melaksanakan peninjauan beberapa venue PON XX yang masih ada permasalahan seperti aksi pemalangan dan hak tanah ulayat, namun saat ini masalah-masalah tersebut sudah bisa teratasi dengan baik,” jelas Pangdam XVII/Cenderawasih.

Dalam rapat tersebut, Danrem 172/PWY, Danrem 174/ATW, Pejabat Kodam XVII/Cenderawasih dan Karo Ops Polda Papua memaparkan kesiapan dalam mendukung PON XX seusai dengan bidangnya masing-masing.

Danrem 172/PWY dan Danrem 174/ATW memaparkan tentang pengamanan yang akan dilaksanakan oleh para anggota Korem bersama jajarannya dalam pengamanan PON XX yang menjadi tanggung jawab di wilayah Korem masing-masing.

Selanjutnya Asops Kasdam XVII/Cenderawasih dalam paparannya menyampaikan terkait jumlah personel TNI dan Polri yang akan melaksanakan pengamanan dalam PON XX. Terkait dengan proses renovasi akomodasi atlet dan _official_ yang berada di satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih dipaparkan oleh Kazidam XVII/Cenderawasih.

Sementara itu, Karo Ops Polda Papua memaparkan tentang rencana Polda Papua yang akan mendatangkan satuan BKO dari Brimob Nusantara untuk membantu mengamankan jalannya PON XX di Provinsi Papua dan juga akan membangun Posko Gabungan di beberapa titik untuk meningkatkan pengawasan dan keamanannya.

Di akhir acara rapat tersebut, Pangdam kembali menegaskan bahwa PON XX dalam waktu dekat akan segera dimulai. Lebih lanjut disampaikan bahwa semua rangkaian kegiatan harus benar-benar siap, mulai dari saat pembukaan, pelaksanaan dan sesudah penyelenggaraan PON XX di Provinsi Papua.

“Tinggal beberapa saat lagi pelaksanaan PON XX tahun 2021 di Provinsi Papua akan dimulai, maka dengan waktu yang ada, kita harus mempersiapkan dengan baik dan harus benar-benar siap 100%, baik dalam segi keamanan, akomodasi dan lain-lain yang sudah menjadi tanggung jawab kita sehingga pelaksanaan PON XX berjalan dengan sukses,” tutup Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Hadir dalam acara tersebut, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, Danrem 172/PWY, Danrem 173/PVB, Danrem 174/ATW, Kazidam XVII/Cenderawasih, Kakesdam XVII/Cenderawasih, Kabekangdam XVII/Cenderawasih, Kahubdam XVII/Cenderawasih, Asisten Operasi Lantamal X Jayapura, Kadisops Lanud Silas Papare dan Karo Ops Polda Papua.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

SAMBUT PON XX, KODAM XVII/ CENDERAWASIH GELAR DOA BERSAMA

Jayapura – Untuk menyongsong pelaksanaan PON XX Papua yang akan dibuka pada 2 Oktober 2021 …