BABINSA KORAMIL 1710-01/KOKONAO IKUT MERIAHKAN ACARA ADAT “IMMU”

Timika ~ Acara adat di Papua bernilai sangat sakral dan sangat dihormati oleh masyarakat setempat. Sebagai aparat teritorial, Babinsa Koramil 1710-01/Kokonao menyadari bahwa hal tersebut perlu dijaga demi kelestarian adat budaya sebagai kekayaan Budaya Indonesia.

Mempedomani hal tersebut, kali ini Babinsa Koramil 1710-01/Kokonao, Sertu Suyadi dan Sertu Edi Takati membantu warga sekaligus turut memeriahkan acara adat Immu atau Tutup Tahun, Jumat (07/01/2022).

Acara adat tersebut dilaksanakan di Kp. Apuri, Distrik Mimika Barat, Kabupaten Mimika dimana acara tersebut digelar sebagai bentuk syukuran masyarakat di tahun 2022.

Acara adat diisi dengan tarian Seka yang seharusnya dilakukan menjelang atau sesaat setelah tahun baru, namun dikarenakan ada berbagai kendala maka kegiatan baru bisa dilakukan pada saat ini.

Babinsa pun turut serta mempersiapkan segala keperluan dan perlengkapan yang diperlukan sehingga bisa lebih dekat dengan masyarakat.

Sertu Edi Takati yang merupakan putra asli Kamoro menyampaikan kepada warga bahwa kegiatan adat seperti ini perlu dipertahankan karena ini merupakan warisan leluhur.

Warga mengucapkan terimakasih atas bantuan Babinsa mempersiapkan acara dan telah menjaga keamanan demi kelancaran kegiatan acara adat ini.

“Kami bersyukur acara adat berjalan dengan lancar sesuai harapan kami dan kami ucapkan terima kasih kepada bapak-bapak dari Koramil yang telah ikut menjaga kegiatan hingga semuanya berjalan dengan baik”, ucap warga. (Prod/Cen)

Check Also

Pangdam Beserta Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih Gelar Halal Bihalal Bersama Prajurit dan PNS

Kegiatan saling maaf memaafkan atau yang biasa disebut Halal Bihalal setelah menunaikan ibadah Shalat Idul …