Dandim 1708/BN Tinjau Perdana Budidaya Tanaman Vanili Di Distrik Biak Utara

Biak ~ Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S. Hub,Int., M.Han., mengunjungi Sentra Budidaya Vanili di kampung Roidifu, meminta agar perawatan tanaman dapat diintensifkan lagi, supaya mampu membudidayakannya dengan baik dan benar di Distrik Biak Utara, Kabupaten Biak Numfor, Minggu (25/2/2024).

Dikesempatan tersebut, Dandim 1708/BN menyampaikan bahwa akan menginstruksikan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan untuk membantu petani dan peminat pertanian supaya mampu membudidayakan Vanili yang baik dan benar.

”kami akan instruksikan supaya segera turun, bantu permasalahan yang dihadapi oleh petani Vanili d Kampung ini,” ujar Dandim.

Lebih lanjut, Bapak Sustenes Workrar selaku Kepala Kampung Roidifu, mengatakan tanaman Vanili meraka di kampung ini belum tau manfaatnya, sehingga dengan adanya Dandim berkunjung ke Kampung Roidifu, untuk menjelaskan manfaatnya Vanili.

”Mudah-mudahan dengan kedatangan Bapak Dandim 1708/BN dapat membawa solusi, memberi solusi dan kemajuan untuk peekembangan kebun Vanili kami,” tuturnya.

Sementara itu, Bapak Mateus Kararbo selaku pemilik tanan Vanili mengatakan, Penyerbukan bunga Vanili sebenarnya tidaklah sulit dan peralatan yang dibutuhkan juga sangat sederhana.

”Kelopak bunga Vanili dan mahkota dibuka, lidah bunga yang berada di bawah benang sari dibuka, serbuk sari yang menempel pada tangkai dimasukkan di bawah lidah bunga, tekan dan tempelkan pelan-pelan, usahakan jangan sampai patah atau rusak, tahan kira-kira 15-30 detik, jepit dengan bantuan lidi yang telah dibelah selama 24 jam,” katanya.

Check Also

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Jaga Hubungan Dengan Masyarakat Melalui Komsos

Timika ~ Kondisi wilayah binaan merupakan tanggung jawab Babinsa selaku aparat kewilayahan dan untuk mengantisipasi …