Danramil 1710-04/Tembagapura Dampingi Pelatihan Perakitan PLTS Dari Kementerian Bumn

Timika ~ Akses listrik merupakan kebutuhan dasar yang penting bagi penerangan setiap masyarakat pedesaan. Namun, masih banyak desa/kampung khususnya di daerah pedalaman Papua yang belum memiliki akses listrik yang memadai. Untuk mengatasi permasalahan ini, program pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menjadi solusi yang tepat.

Kali ini Danramil 1710-04/Tembagapura Kapten Chb Eliazar Manuk Allo beserta 1 orang Babinsa sedang membantu dan mendampingi 4 orang perwakilan masyarakat dalam pelatihan pemasangan/perakitan peralatan PLTS bertempat di Kantor Unit PLN Timika, Jl. Leo Mamiri, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Senin (26/2/2024).

Menurut Danramil, untuk wilayah Kab. Mimika, hanya 2 distrik yaitu 7 kampung di Distrik Jila dan 4 kampung di Distrik Tembagapura yang akan mendapat bantuan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Dimana kampung-kampung dari Kedua Distrik tersebut hingga saat ini memang belum mendapat aliran listrik PLN, sehingga dengan bantuan PLTS itu akan membuat warga dapat menikmati manfaat energi listrik.

“Ada 7 kampung dari Distrik Jila dan 4 kampung di Distrik Tembagapura yang akan menerima bantuan PLTS dari Kementerian BUMN. Setelah melaksanakan pelatihan perwakilan tersebut nantinya mereka akan mengerti cara pemakaian dan perawatan PLTS,” ungkap Danrmail.

“Kami berharap dengan bantuan PLTS ini, warga dari 11 kampung di wilayah Kab. Mimika tersebut akan dapat merawat dan segera menikmati manfaat listrik untuk penerangan rumah maupun untuk hal lainnya, sehingga tidak lagi gelap gulita saat malam hari karena sudah adanya penerangan lampu-lampu yang dialiri energi listrik,” imbuhnya.

Check Also

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Jaga Hubungan Dengan Masyarakat Melalui Komsos

Timika ~ Kondisi wilayah binaan merupakan tanggung jawab Babinsa selaku aparat kewilayahan dan untuk mengantisipasi …