Kasdam XVII/Cenderawasih Lantik 61 Putra Terbaik Papua Jadi Prajurit TNI AD

Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Yudha Medy Dharma Zafrul, S.I.P., bertindak sebagai Inspektur Upacara sekaligus memimpin langsung pelantikan dan penyumpahan Prajurit TNI AD dalam Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI-AD Gel-I TA 2023 di Mako Rindam XVII/Cenderawasih, Sentani, Jayapura, Jumat (29/9/2023).

Pendidikan Pertama Tamtama TNI-AD yang telah dilaksanakan ini, dilaksanakan selama 20 minggu atau 140 hari, sejak 13 Mei s.d 26 September 2023, bertujuan untuk membentuk calon Tamtama TNI AD menjadi prajurit yang memiliki karakter sebagai prajurit tanggap, tanggon dan trengginas sesuai pola dasar pendidikan. Menjadikan prajurit yang profesional di bidang taktik dan tehnik militer. Menjadikan prajurit yang memiliki pengetahuan tentang penyelenggaraan administrasi dan pembinaan teritorial satuan non Kowil.

Sementara itu, dalam sambutan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan yang dibacakan oleh Kasdam mengucapkan selamat dan sukses kepada mantan Prajurit Siswa yang baru saja disumpah dan dilantik menjadi prajurit TNI Angkatan Darat. Lebih lanjut menegaskan agar pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan, agar diasah dan dikembangkan sehingga menjadi prajurit yang mahir di bidangnya. Selain itu, pegang teguh jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional serta mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam sapta marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

Kasdam juga berpesan agar tetap memelihara dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, serta selalu berinovasi, bernisiatif dan memperkuat kepercayaan diri dalam setiap kegiatan.

“Jadilah prajurit yang selalu mencintai dan dicintai rakyat, hindari sikap dan perilaku yang dapat merugikan dan menyakiti hati rakyat serta merusak citra TNI AD,” tegas Kasdam Brigjen TNI Yudha Medy Dharma Zafrul, S.I.P.,

“Asah terus pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan, sehingga dapat menjadi pengawal berkibarnya Bendera Merah Putih dan menjaga kedaulatan NKRI.”

“Pegang teguh sumpah yang telah diucapkan, karena sumpah adalah janji suci seorang prajurit yang disaksikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Esa, jadikan sebagai landasan moral dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian sebagai prajurit TNI AD,” tutup Kasdam.

Setelah dilantik menjadi Prajurit TNI AD, selanjutnya 61 orang Prajurit tersebut yang masuk dalam kecabangan Infanteri akan mengikuti pendidikan kejuruan di Dodiklatpur Rindam XVII/Cenderawasih yang akan dibuka pada tanggal 6 Oktober 2023. Sedangkan kecabangan lain akan mengikuti pendidikan kejuruan di Pusat Pendidikan sesuai kecabangan masing-masing.

Turut hadir dalam kegiatan penutupan tersebut Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., Wadan Rindam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Oki Andriansyah Adiwira, S.I.P., para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, para Kabalakdam XVII/Cenderawasih, Wadanlantamal X Jayapura Kolonel laut (P) Donny Suharto, M.Tr Opsla., Kadisops Lanud Silas Papare Kolonel Nav MD. Irman Fathurrahman, S.E., M.M., Ka SPN Polda Papua Kombes Pol Marison Tober H Sirait, S.I.K., M.H., Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., MSi., dan Pengurus Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Kehadiran TNI Disambut Bakar Batu Masyarakat Sinak Puncak

Masyarakat Papua Tengah, khususnya di Sinak Kab. Puncak menyambut gembira kehadiran Pos TNI dengan menggelar …