Prajurit Dan PNS Kodam XVII/Cenderawasih Bersama Masyarakat Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW Di Masjid Raya Baiturrahim

Saat ini, umat Islam merayakan Maulid Nabi yang tahun ini diperingati pada tanggal 28 September 2023. Demikian pula Prajurit dan PNS Kodam XVII/Cenderawasih yang beragama Islam bersama masyarakat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H / 2023 M dengan mengusung tema “Menebar Empati, Memperkuat Silaturahmi Dan Bertekad Menjadi Teladan”, bertempat di Masjid Raya Baiturrahim, Kota Jayapura, Papua, Kamis (28/9/2023).

Acara Maulid Nabi, diawali dengan lantunan ayat Suci Al Qur’an dan lantunan Sholawat Nabi Muhammad SAW diiringi oleh Marawis Hadrah As-syafarat Koya Barat.

Saat didaulat memberikan sambutan, Pangdam XVII/Cenderawasih yang diwakili oleh Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi merupakan kegiatan untuk mengenang hari kelahiran Nabi Muhamad SAW dan sebagai wujud kecintaan kepada Nabi.

“Perayaan Maulid sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan cara mengambil hikmah tentang keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam bidang Akhlaqul Karimah dan membawa Islam sebagai Rahmatan Lilalamin,” jelas Kapoksahli Pangdam.

“Mari kita implementasikan hikmah Maulid untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas, menunjukkan sifat empati, memperkuat silaturahmi dan menjadi teladan bagi keluarga maupun masyarakat di sekeliling kita,” tutup Kapoksahli.

Sementara itu, dalam ceramahnya KH. Akhmad Said Asrori (Sekretaris Umum PBNU) menyampaikan, bahwa Nabi Muhammad SAW terlahir dimuka bumi sebagai Khalifah, menyempurnakan akhlak yang baik yang telah diajarkan para Nabi sebelumnya. Oleh karenanya sifat teladannya perlu dicontoh dan amalkan.

“Hakikat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai wujud kecintaan kepada Rasulullah, sekaligus untuk menelusuri jejak Nabi Muhammad SAW, sebagai tokoh sejagat dengan keagungan dan kebesarannya. Kelahiran Rasulullah telah merubah kehidupan manusia dari kegelapan menjadi kehidupan yang penuh Nur dan Hidayah Allah SWT,” ungkap KH. Akhmad Said Asrori.

Turut hadir dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, Para Kabalakdam XVII/Cenderawasih, Wadanlantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Nanang Hariono, Kadispotdirga Lanud Silas Papare Kolonel Kal Taufiq Giri Sugiharto, S.E., M.Si., Dirpamobvit Polda Papua Kombes Pol Dede Alamsyah, S.I.K., Ketua MUI Provinsi Papua KH. Saeful Islam Payage, Ketua NU Provinsi Papua Dr. H. Toni Victor Mandawiri Wanggai, S.Ag., M.A., Imam Besar Masjid Baiturrahim Jayapura Ustadz H. Syaiful Azhar, LC, MA., dan personel TNI Polri, PNS dan ribuan masyarakat Jayapura.

Check Also

Manunggal Dengan Rakyat, Babinsa Yaptim Bantu Warga Bangun Rumah

Yapen ~ Sebagai bukti kemanunggalan TNI dan rakyat terealisasi dengan baik diwilayah binaannya, Sertu Patrik …