Kodam Cenderawasih Menggelar Sholat Idul Fitri 1444 H/2023 M Di Lapangan Makodam

Jayapura – Setelah satu bulan melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, terdengar gema takbir, tahlil dan tahmid menyambut hadirnya Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Menandai purnanya bulan istimewa Ramadhan yang penuh kasih sayang dan rahmat, serta ampunan, Kodam XVII/Cenderawasih menggelar ibadah Shalat Idul Fitri dihadiri Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., bertempat di lapangan Paving Block Makodam XVII/Cenderawasih, Kota Jayapura, Sabtu (22/4/2023).

Selain dihadiri Kasdam XVII/Cenderawasih, juga Pejabat Kodam XVII/Cenderawasih, Kabalakdam XVII/Cenderawasih dan seluruh Prajurit TNI, PNS beserta umat Islam yang berada di sekitar Kota Jayapura.

Mengawali kegiatan tersebut, dilaksanakan shalat dan sebagai Iman Shalat Idul Fitri Ustad Akhmad Romadaul Naullan dari satuan Paldam XVII/Cenderawasih.

Tampak seluruh jamaah Shalat Idul Fitri dengan khusyuk dan tertib mengikuti rangkaian ibadah Shalat Idul Fitri.

Sementara itu, dalam Khotbahnya yang disampaikan oleh Kabintaljarahdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf H. Akmad Syaikhu S.Ag. menyampaikan, rasa bersyukurnya karena diberikan kekuatan iman sehingga dapat menyelesaikan Ibadah Ramadhan, serta pada hari ini dapat mengikuti Shalat Idul Fitri.

“Dengan mengamalkan Islam secara kafa baik secara hablul minnallah dan hablul minnanas Insya Allah akan menilai ibadah,” jelas Kabintaljarahdam.

“Dalam sejarah, Tuhan pernah memberikan cobaan kepada umat bahkan negara, oleh karena mari kita maknai Ibadah puasa, dengan melakukan Iman dan taqwa yaitu perbuatan dan tutur kata sejalan. Mari kita tanya pada diri masing-masing, apakah kita sudah beriman.”

“Berjiwa amanah sabar dan disiplin yaitu mendapatkan tugas maka menjalankan tugas sebaik-baiknya karena akan diminta pertanggungjawabnya. Sabar menerima ujian dan cobaan, percaya pada janji Allah SWT akan ada kemudahan dalam kesulitan. Disiplin taat azas, taat aturan untuk tidak melanggar agama dan hukum yang berlaku. Bekerja keras secara profesionalitas. Puasa melatih umat bekerja keras,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kabintaljarahdam XVII/Cenderawasih mengatakan tentang kepedulian sosial dan rasa empati kepada orang lain.

“Mari kita bersedekah terhadap sesama, karena manusia adalah makluk sosial. Infaqkan kejalan Allah SWT, maka Allah SWT akan mengganti,” kata Kolonel Inf H. Akmad Syaikhu S.Ag.

“Ukhuwah Islamiah yaitu kita semua bersaudara, bangun persamaaan persaudaraan maka hindari fanatisme sempit karena merupakan ancaman dalam kehidupan yang majemuk,” tutup Kabintaljarahdam XVII/Cenderawasih.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Kehadiran TNI Disambut Bakar Batu Masyarakat Sinak Puncak

Masyarakat Papua Tengah, khususnya di Sinak Kab. Puncak menyambut gembira kehadiran Pos TNI dengan menggelar …