Kurangnya Guru di Perbatasan, Personil Satgas Jadi Tenaga Pendidik Di SD YPK Toray

Merauke ~ Selain bertugas menjaga stabilitas keamanan wilayah, ternyata keberadaan Satgas Pamtas Yonif 726/Tamalatea juga diwajibkan untuk bisa meningkatkan mutu pendidikan di Merauke.

Upaya peningkatan mutu pendidikan itu, kali ini dilakukan oleh Serda Y. Talantan di SD YPK Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Senin, (30/10/2023).

Ia pun menjelaskan, sebelum Satgas Yonif 726/Tamalatea berangkat ke tempat penugasan, terlebih dahulu prajurit mendapatkan pembekalan bimbingan teknis mengajar di daerah 3T (terluar, tertinggal dan terdepan) oleh Kemendikbud bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat.

“Ini sudah menjadi kewajiban kami, dan ini sudah perintah dari Dansatgas, kita harus membantu sekolah yang kekurangan tenaga pendidiknya,” kata Serda Y. Talantan.

Dirinya mengungkapkan, di perbatasan RI-PNG khususnya di kampung Toray masih memerlukan perhatian untuk penambahan tenaga pendidik serta fasilitas sekolahnya, guna menciptakan generasi muda yang cerdas dan berdaya saing tinggi demi menyongsong indonesia emas 2024.

“Ini bentuk kepedulian kita (Satgas) terhadap pendidikan generasi penerus bangsa di wilayah perbatasan. Titik beratnya pendidikan karakter, tujuannya untuk memupuk rasa cinta tanah air dan membentuk jati diri sebagai bangsa Indonesia. Harapannya kelak mereka dapat memajukan daerahnya masing-masing,” ungkapnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Kodim 1709/Yawa Gelar Syukuran Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Yapen ~ Kodim 1709/Yawa menggelar syukuran Hari Ulang Tahun ke-61 Kodam XVII Cenderawasih dengan mengusung …