MINIM TENAGA PENGAJAR DI PERBATASAN RI-PNG, SATGAS TNI BANTU JADI GURU SD

Keerom – Dalam rangka turut serta mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara dan demi meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa melalui dunia pendidikan yang menjadi hak bagi setiap anak usia sekolah di Indonesia serta dihadapkan dengan minimnya tenaga pengajar di wilayah perbatasan khususnya RI-PNG membuat Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Somografi turut serta membantu sebagai tenaga pengajar di Sekolah Dasar YPPK Akarinda di Kampung Somografi, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, Minggu (3/10/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si dalam rilisnya.

Dansatgas menjelaskan bahwa pendidikan merupakan salah satu bagian dari Hak Asasi setiap anak-anak usia sekolah yang seharusnya dapat dinikmati oleh setiap Warga Negara Indonesia, tanpa kecuali. Atas pandangan dan keinginan yang sama untuk mencapai tujuan tersebut, personel Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Somografi turut membantu menghidupkan bahkan menggerakan kembali nilai-nilai juang tenaga pendidik, sebagai tenaga pengajar di Sekolah Dasar YPPK Akarinda Kampung Somografi, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua.

“Tujuannya adalah turut serta dalam mencerdaskan anak-anak generasi bangsa, disamping itu juga sebagai salah satu upaya membantu kekurangan tenaga pengajar atau guru yang masih minim di sekolahan tersebut yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG,” ujar Dansatgas.

“Selanjutnya kami juga sampaikan bahwa Prajurit dari Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista sudah dibekali keterampilan sebagai tenaga pendidik yaitu sebagai pengajar, sehingga keterampilan tersebut dapat diterapkan dalam proses mengajar anak-anak sekolah apalagi yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar,” tambah Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danpos Somografi Lettu Inf Raka Regnata menyampaikan bahwa Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Somografi selain tugas pokoknya menjaga dan mengamankan wilayah perbatasan, juga dapat berbagi ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya anak anak usia sekolah, salah satunya yaitu manfaat di bidang pendidikan.

“Kami Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Somografi yang berada di Distrik Web Kabupaten Keerom selain sudah dibekali dengan kemampuan sebagai tenaga pendidikan dan pengalaman mengajar, kami juga berusaha memberikan manfaat kepada masyarakat binaan kami salah satunya dengan mengajar sebagai guru atau tenaga pendidik,” pungkas Raka.

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar YPPK Akarinda Bapak Alex Pool (40) menyambut positif dan mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista yang dengan suka rela membantu mengajar siswa-siswinya agar menjadi anak atau generasi yang berkarakter dikemudian hari.

“Kami dari pihak sekolah merasa bangga dan juga senang, karena ada dari bapak-bapak TNI Satgas Yonif 403 Pos Somografi yang sudah beri sumbangsih ilmu pengetahuan kepada anak didik kami, semoga kegiatan seperti ini tetap berlanjut agar anak didik kami semakin semangat belajar,” ucap Alex.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

MUDAHKAN AKSES ANTAR KAMPUNG, SATGAS TNI PELOPORI PERBAIKAN JEMBATAN DI PERBATASAN RI-PNG

Keerom – Berlomba-lomba dalam kebaikan, hal inilah yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada …