Pangdam XVII/Cenderawasih Dampingi Kunker Wapres RI Di Merauke

Merauke – Usai melaksanakan serangkaian agenda kegiatan di Jayapura, Wapres RI Prof. Dr (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin beserta rombongan didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa melaksanakan Kunjungan Kerja Perdana di wilayah Merauke.

Demikian disampaikan Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H Kapendam XVII/Cenderawasih dalam keterangannya.

Pada saat kegiatan di wilayah Merauke, Wapres RI Prof. Dr (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin menegaskan Pemerintah terus mengupayakan terciptanya ketahanan pangan nasional untuk memberikan jaminan keamanan bahan pangan bagi masyarakat Indonesia. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, berbagai ikhtiar eksplorasi dilakukan di wilayah-wilayah yang potensial untuk menjadi produsen bahan pangan, salah satunya di Provinsi Papua Selatan.

“Kita perlu fokus untuk menjadikan Papua Selatan sebagai lumbung pangan nasional di Timur Indonesia, baik sentra padi, sentra perikanan dan sentra peternakan,” tutur Wakil Presiden (Wapres) RI K.H. Ma’ruf Amin pada acara Pertemuan dengan Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo beserta Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua Selatan, Anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Merauke, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Merauke di Sakil Ballroom Hotel SwissBell, Jl. Raya Mandala No. 53 Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan, Rabu (30/11/2022).

Poses eksplorasi tersebut dilakukan dengan tetap memperhatikan pandangan dari masyarakat lokal. Oleh karena itu, keterlibatan Orang Asli Papua (OAP) sangat penting sebab mereka merupakan elemen yang paling mengerti tentang lahan di daerahnya.

“Rumuskan pendekatan yang terintegrasi sejak hulu ke hilir, pastikan keterlibatan masyarakat asli Papua,” imbuh Wapres.

Di sisi lain, sebagai Daerah Otonom Baru (DOB), Wapres mengharapkan adanya pembahasan lebih komprehensif terkait isu dan agenda yang menjadi fokus di Papua Selatan. Untuk itu, ia meminta para pemangku kepentingan terkait di jajaran struktural untuk segera melakukan diskusi mengenai isu-isu terkait pemerintahan dan kemasyarakatan.

“Saya instruksikan kepada para menteri untuk segera membahas berbagai isu dan agenda yang menjadi perhatian di Provinsi Papua Selatan.”

“Provinsi Papua Selatan memiliki posisi yang sangat strategis dalam mendapatkan akses lintas negara dikarenakan Papua Selatan menjadi gerbang pembatas menuju kawasan Pasifik.”

“Saya apresiasi atas kehidupan sosial Papua Selatan yang penuh kekeluargaan dan inklusif.”

“Mari satukan hati, satukan tujuan, Izakod Bekai Izakod Kai, dalam mempercepat pembangunan Indonesia dari Papua Selatan,” pungkas Wapres.

Adapun Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, menyampaikan bahwa kehadiran Wapres menjadi pemacu semangat bagi masyarakat Papua untuk meningkatkan daya saing dan pembangunan dengan provinsi yang lain.

“Kami berharap kehadiran Bapak Wapres di Provinsi Papua dapat memberi motivasi dan juga dukungan kepada kami untuk mengejar ketertinggalan pembangunan dari provinsi-provinsi yang lain,” ungkap Apolo.

Hadir pada pertemuan tersebut diantaranya jajaran Forkopimda Provinsi Papua Selatan, serta jajaran tokoh agama dan tokoh masyarakat Merauke.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Babinsa Tigi Laksanakan Pengamanan Dan Pemantauan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Deiyai ~ Babinsa Koramil 1703-02/Tigi Serka Petrik Yarances bersama 5 orang rekan lainya dan Bhabinkamtibmas …