Pangdam XVII/Cenderawasih Secara Resmi Tutup TMMD Ke-118 TA 2023

Boven Digoel ~ Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han memimpin upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 TA. 2023 di Kampung Kanggewot Distrik Waropko Kab. Boven Digoel Prov. Papua Selatan, Kamis (19/10/2023).

Pada tahun 2023 ini, pelaksanaan TMMD ke-118 di wilayah Kodam XVII/ Cenderawasih kali ini, dilaksanakan di Kodim 1701/Jayapura Korem 172/PWY di Kampung Hulu Atas, Distrik Airu, Kabupaten Jayapura dan Kampung Muara Nawa Distrik Airu Kabupaten Jayapura serta Kodim 1711/Boven Digoel Korem 174/ATW di Kampung Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel selama 30 hari, dimulai tanggal 20 September s.d 19 Oktober 2023 dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”.

Kegiatan upacara penutupan TMMD di wilayah Kodim 1701/Jayapura dipimpin oleh Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono. Adapun pembangunan fisik yang telah dilaksanakan dalam TMMD kali ini yaitu pembangunan Gereja Melindra, pembangunan rumah Pastori tipe 36 permanen, pembangunan Pustu, perehaban Paud, pembangunan bak air bersih, penimbunan dan pemagaran lokasi Gereja Tipe Sheilter Ckd di Kampung Muara Nawa yang akan diresmikan saat penutupan TMMD ke-118 TA 2023 dan Land Clearning lapangan sepak bola.

Sedangkan kegiatan non fisik, meliputi penyuluhan agama, kesehatan, Hiv/Aids, KB kesehatan, hukum dan HAM, narkoba, ketahanan pangan, perikanan, pertanian, perkebunan, pariwisata, administrasi kampung, penanggulangan bencana alam, lingkungan hidup, pelatihan dan pertandingan olahraga, pelatihan Siskam Swakarsa dan pemutaran film perjuangan serta membantu pengajaran di sekolah. termasuk pemberian Sembako, buku bacaan maupun sarana olahraga.

 

Sementara itu, upacara penutupan TMMD ke 118 di Kodim 1711/Boven Digoel dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han.

Kegiatan TMMD yang telah dilaksanakan di Kodim 1711/Boven Digoel antara lain pengecoran jalan sepanjang 400m, lebar 3m, tebal 20cm. Dengan kegiatan non fisik, meliputi penyuluhan agama, kesehatan, Hiv/Aids, KB kesehatan, hukum dan HAM, narkoba, ketahanan pangan, perikanan, pertanian, perkebunan, pariwisata, administrasi kampung, penanggulangan bencana alam, lingkungan hidup, pelatihan dan pertandingan olahraga, pelatihan Siskam Swakarsa dan pemutaran film perjuangan serta membantu pengajaran di sekolah. termasuk pemberian Sembako, buku bacaan maupun sarana olahraga kepada masyarakat

Mengawali kegiatan ini, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit Satgas TMMD, Pemda, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta seluruh masyarakat atas partisipasinya dan mendukung kegiatan TMMD ke-118 di Boven Digoel.

“Kegiatan TMMD merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat, khususnya di wilayah perbatasan RI dan pegunungan dengan kondisi perekonomian serta sarana prasarana / infrastruktur yang relatif terbatas. TMMD ini bentuk sinergitas antara TNI dengan Pemda dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat,” kata Pangdam.

“Dengan mempertimbangkan pentingnya pelaksanaan TMMD dalam proses percepatan dan pemerataan pembangunan di wilayah Papua, maka kegiatan TMMD dibagi dalam dua kegiatan yakni kegiatan fisik dan non fisik,” imbuh Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam menjelaskan tentang kegiatan TMMD yang dilaksanakan oleh Kodam XVII/Cen pada tahun 2023 kali ini, baik di Kodim 1701/Jayapura, maupun yang telah dilaksanakan di Kodim 1711/Boven Digoel.

Berkenaan dengan telah selesainya kegiatan TMMD ke-118 TA 2023, Pangdam berharap hasil pembangunan fisik yang telah dicapai dipelihara dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga masa pakai dapat bertahan lama. Demikian pula kegiatan Non Fisik yang sudah dilaksanakan tidak hanya menjadi sekedar pengetahuan, tetapi benar-benar dipahami dan diaktualisasikan oleh setiap warga masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Usai menutup TMMD ke-118, Pangdam Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han beserta rombongan, meninjau Stand UMKM, serta memberikan bantuan sosial kepada masyarakat sekitar.

Pangdam juga melakukan Video Conference (Vicon) dengan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, dalam rangka pemberian bantuan berupa 100 ekor babi kepada Koramil, untuk dikembangkan menjadi peternakan di wilayah Boven Digoel, Papua.

Pada kesempatan Vicon ini, Pangdam menyampaikan kepada Kasad tentang TMMD di Kodim 1701/Jypr maupun di Kodim 1711/BVD. Demikian pula mengungkapkan pihaknya mewakili Bapak Kasad menyerahkan 100 babi secara simbolis di Boven Digoel, Distrik Waropko.

“100 babi ini kami bagikan untuk satu Koramil mendapat 4 ekor babi. 3 betina satu jantan yang akan dikembangkan oleh Koramil yang nantinya anak-anaknya akan dibagikan kepada masyarakat untuk dikembangkan lagi oleh masyarakat yang nantinya bisa menambah kesejahteraan masyarakat. Dari 100 babi ini dibagikan untuk Korem 172 Jayapura dengan 17 Koramil yang menerima, kemudian Korem 173 ada 6 Koramil, kemudian Korem 174 Merauke ada 4 Koramil. Masing-masing 4 ekor 3 betina satu jantan,” ungkap Pangdam.

Saat Vicon berlangsung, Bapak Kasad Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurchman berharap babi yang telah dibagikan nantinya dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan berguna untuk dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan lainnya, baik untuk kegiatan adat dan sebagainya.

“Harapan saya kepada seluruh masyarakat Papua adalah saudara kita dan kita bersaudara. Mari kita ingatkan kembali, untuk membangun Papua, dengan cinta damai dengan aman sehingga kita bangun bersama bangsa ini,” pungkas Kasad.

“Melalui tangan-tangan TNI maupun Polri, serta Pemerintah Daerah. Dengan kegiatan-kegiatan TMMD, mari kita membangun masyarakat yang betul-betul sejahtera. Sehingga, cinta tanah air bela negara akan semakin kokoh dan semakin berkembang di tanah Papua,” harap Kasad.

Usai pelaksanaan Vicon, dilanjutkan dengan pemberian Sembako secara simbolis kepada kepala Kampung Kanggewot, masyarakat kurang mampu, anak penderita Stunting, Para Tokoh Agama, dan masyarakat.

Selanjutnya dirangkai peresmian penggunaan jalan dengan pemotongan pita dan penandatanganan Prasasti.

Turut hadir dalam kegiatan ini,
Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.Si (Danrem 174/ATW), Laksamana Pertama TNI Kunto Tjahjono (Danlantamal XI Merauke), Kolonel Pnb Onesemus Gede Rai Aryadi, S.E., M.Han (Danlanud J.A Dimara), Kolonel Inf Luhut Bernandus Sidabariba, S.I.P., M.M. (Asintel Kasdam XVII/Cenderawasih), Kolonel Inf Mukhamad Akbar, S.E. (Aster Kasdam XVII/Cen), Kolonel Inf Slamet, S.Sos. M.Han (Aspers Kasdam XVII/Cen), Kolonel Inf Allan Surya Lesmana, S.Sos (Kasiren Korem 174/ATW), Kolonel Inf Lambert Jeri Mailoa, S.E (Kasiter Kasrem 174/ATW), Letkol Czi Agustinus Ressa Sala’pa, S.T., M.I.P (Dandim 1711/BVD), Letkol Inf Bayu Kriswanto, S. Hub., Int., M.H.I (Dandim 1707/MRK), Letkol Inf Johny Nofriady, S.E., M.Han (Danyonif 757/GV), Letkol Inf Agus Satriyo Wibowo, S.T.Han (Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 111/KB), Bpk. Drs. Romanus Mbaraka, M.I.T (Bupati Merauke), Bpk. Hengki Yaluwo S.Sos (Bupati Boven Digoel), Bpk. Drs. Maddaremeng, M.S.I (Pj. Sekda Provinsi Papua Selatan), Bpk. Drs. Sunarjo (Asisten II Bidang Perekonomian Setda Provinsi Papua Selatan).

Check Also

Koramil 1710-07/Mapurujaya Gencar Sukseskan Program Penurunan Stunting

Timika ~ Wujud kepedulian terhadap perkembangan anak-anak dan balita di wilayah binaan, anggota Koramil 1710-07/Mapurujaya …