Safari Ramadhan, Kasdam Cenderawasih : Tingkatkan Ketaqwaan, Pererat Silaturahmi, Perkuat Persatuan dan Kesatuan

Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Hariyanto didampingi Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XVII/Cen Ny. Widya Hariyanto bersama sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam melaksanakan Safari Ramadhan yang diselenggarakan oleh keluarga besar Pomdam dan Hubdam XVII/Cen, bertempat di Markas Pomdam, Jln. Diponegoro No. 2 Kelurahan Gurabesi, Jayapura, Papua,  Rabu (27/03/2024).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M dalam keterangannya.

Kegiatan Safari Ramadan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian dan upaya Kodam XVII/Cen untuk menjalin tali silaturahmi, termasuk di dalamnya bersama  anak-anak Yatim Piatu.

Mengawali kegiatan Safari Ramadhan ini, Danpomdam XVII/Cen Kolonel Cpm Eko Yuni Sulistyo, S.H., menyampaikan ungkapan senangnya atas kehadiran Kasdam bersama rombongan, sekaligus untuk berbuka puasa bersama di Mapomdam.

“Kami merasa senang dengan kehadiran Kasdam. Terlebih pada acara ini juga memberikan santunan kepada Yatim Piatu Yayasan Argapura. Semoga menjadikan sebagai ladang amal untuk di bulan puasa ini, dan kita mendapatkan pahala dari Allah SWT,” ujar Danpomdam.


Sementara itu Kasdam Brigjen TNI Hariyanto mengucapkan terima kasih kepada Danpomdam dan Kahubdam XVII/Cen beserta seluruh keluarga besarnya atas penyelenggaraan kegiatan Safari Ramadhan.

“Semua ini tentunya membawa keberkahan, bukan hanya bagi kita yang hadir, namun juga bagi keluarga besar Kodam XVII/Cen,” jelas Kasdam.

Lebih lanjut Kasdam menerangkan bahwa puasa Ramadhan di samping sebagai ibadah, juga untuk melatih bagaimana pengendalian diri, menanamkan sifat jujur, disiplin dan saling berbagi dengan sesama.

“Sebagai prajurit Sapta Marga, tentunya kita harus dapat memahami substansi ibadah puasa ini dengan baik. Kita juga harus bisa menjadikannya sebagai momentum untuk introspeksi dan evaluasi diri,” ungkap Brigjen TNI Hariyanto.

“Nilai-nilai puasa yang di jalankan ini, harus bisa menjadi motivasi bagi prajurit dalam menjalankan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara. Bagi prajurit melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh adalah ibadah, dan merupakan amanah yang harus dijalankan dengan baik.”


“Diharapkan kepada Prajurit dan PNS Kodam XVII/Cen agar menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dilandasi dengan niatan ibadah, sehingga amanah yang telah diberikan menghasilkan out put atau kinerja sesuai harapan kita bersama. Untuk itu tingkatkan ketaqwaan, pererat silaturahmi, perkuat persatuan dan kesatuan,” jelas Kasdam.

Di tempat yang sama dalam tausiyahnya, Ustadz Maralomben Harahap, S.Ag., M.Si. (Wakabintaljarahdam XVII/Cen), sebagai penceramah menjelaskan tentang pentingnya bertaqwa.


“Taqwa merupakan pangkat yang paling tinggi disisi Allah SWT. Maka orang yang bertaqwa itu adalah orang yang melaksanakan semua bentuk perintah Allah SWT, dan meninggalkan segala bentuk larangan Allah SWT,” ungkapnya.

Pada kegiatan Safari Ramadhan ini, Kasdam didampingi Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XVII/Cen, Irdam dan Ibu serta Kapoksahli dan Ibu memberikan santunan kepada anak-anak Yatim Piatu Yayasan Argapura Kota Jayapura.

Hadir dalam kegiatan tersebut Irdam XVII/Cen Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M., Kapoksahli Pangdam XVII/Cen Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono, Danrindam XVII/Cen, Para Asisten Kasdam XVII/Cen, Para Pejabat dan Dansat/Kabalak Kodam XVII/Cen serta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD XVII/Cen, beserta para personel dan keluarga besar Pomdam bersama Hubdam XVII/Cen.

Check Also

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Jaga Hubungan Dengan Masyarakat Melalui Komsos

Timika ~ Kondisi wilayah binaan merupakan tanggung jawab Babinsa selaku aparat kewilayahan dan untuk mengantisipasi …