Usai Instalasi Listrik Diperbaiki Oleh Satgas Yonif R 303/SSM Kini Puncak Kembali Terang

Puncak – Satgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad membantu kesulitan warga dengan memperbaiki instalasi listrik yang beberapa bulan belakangan padam di Kampung Mayuberi, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (26/01/2023).

Seperti diketahui, di Distrik Ilaga Utara masih belum tersentuh oleh listrik PLN. Dalam kesehariannya masyarakat hanya menggunakan solarcell atau Genset untuk memberikan penerangan pada malam hari.

Hanya beberapa rumah yang memiliki panel solarcell kecil dan satu genset untuk sekampung. Hal tersebut sudah cukup untuk memberikan penerangan malam hari bagi kampung tersebut.

Namun dalam pelaksanaannya, masyarakat masih belum mengerti jelas bagaimana menggunakannya terlebih lagi cara merawat alat tersebut. Lampu menyala beberapa bulan tetapi kini instalasi listrik dan sumber daya rusak karena kurang tepat dalam penggunaan serta perawatannya.

Sebanyak 10 orang prajurit Satgas Yonif Raider 303 Kostrad Pos Mayuberi yang dipimpin langsung oleh Dantim 1 Pos Mayuberi Letda Inf Miftahul Huda turun langsung ke honai untuk membantu membenarkan solarcell tersebut.

Dengan membawa personel yang mahir dalam bidang kelistrikan, Satgas 303 melaksanakan pengecekan instalasi listrik ke beberapa honai warga dan memperbaiki kerusakan yang terjadi diantaranya kerusakan pada solarcell, genset dan accu yang menjadi satu-satunya sumber daya listrik di kampung tersebut.

Kabel listrik yang menyambung ke honai dirapihkan oleh prajurit karena kalau tidak dirapihkan hal itu dapat menjadi penyebab korsleting listrik. Warga sangat senang dan ikut turut serta membantu pengerjaan tersebut.

“Kami semangat membantu memperbaiki, namun kami tetap memperhatikan faktor keamanan diutamakan dalam proses perbaikan instalasi listrik ini. Disamping itu juga kewaspadaan prajurit selalu dijaga,” tambah Letda Inf Miftahul Huda.

Tonius Labene (45) selaku Kepala Kampung Mayuberi sangat berterimakasih atas kepedulian TNI dalam memperbaiki instalasi listrik di desanya yang kini lampu sudah menyala normal, beliau kagum dengan kemampuan prajurit TNI.

“Terima kasih TNI, Tuhan Memberkati,” ungkapnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Babinsa Tigi Laksanakan Pengamanan Dan Pemantauan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Deiyai ~ Babinsa Koramil 1703-02/Tigi Serka Petrik Yarances bersama 5 orang rekan lainya dan Bhabinkamtibmas …