USAI PANEN BERSAMA MASYARAKAT, SATGAS TNI BAGIKAN KACANG TANAH KE RUMAH-RUMAH DI PERBATASAN RI-PNG

Keerom – Wujud kepedulian terhadap masyarakat yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Kipur I Poskoki Yuruf bersama masyarakat melaksanakan kegiatan panen kacang tanah, bertempat di Kampung Yuruf, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu (20/11/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilisnya.

Dansatgas mengungkapkan bahwa kegiatan panen kacang tanah yang memiliki nama ilmiah Arachis Hypogaea ini merupakan wujud nyata bahwa jajaran Pos Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista tidak hanya mensosialisasikan saja tentang cara mengatasi kesulitan pangan di wilayah perbatasan tetapi juga memberikan contoh nyata.

“Salah satunya dengan bercocok tanam dan menghasilkan panen kacang tanah yang dipanen bersama-sama masyarakat,” jelas Dansatgas.

“Harapan kami semoga penen kacang tanah ini mendukung program ketahanan pangan dan membantu meringankan beban masyarakat dalam menghadapi kesulitan pangan di masa pandemi Covid-19. Selain itu semoga menjadi motivasi bagi masyarakat dalam meningkatkan hasrat untuk bercocok tanam,” ucap Dansatgas.

Di tempat yang sama, Dankipur I Poskoki Yuruf Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Lettu Inf Sugiman menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya Satgas TNI untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang digagas oleh pemerintah.

“Sehingga dapat membantu kebutuhan dasar sehari- hari masyarakat. Kali ini Prajurit Satgas bersama warga pos dapat menuai hasil bumi yang ditanam Prajurit Satgas dengan panen kacang tanah,” jelas Lettu Inf Sugiman.

“Bersyukur mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat karena hasil panen tersebut dapat dinikmati bersama. Bagi warga yang belum sempat hadir dalam panen bersama ini kami juga mengantarkan hasil panen kacang tanah tersebut kerumah-rumah warga agar dapat menambah semangat masyarakat untuk mencoba bercocok tanam kacang tanah yang hasilnya sudah dapat dinikmati bersama ini,” tambah Sugiman.

Sementara itu, salah satu warga Kampung Yuruf Bapak Jimmy Mambobo (43) mengucapkan terimakasih banyak kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Poskoki Yuruf yang telah mensosialisasikan dan berupaya mengajak serta memberikan contoh nyata tentang bagaimana cara bercocok tanam kacang tanah dengan hasil yang baik ini kepada masyarakat.

“Saya sangat senang sekali dapat melihat dan ikut panen kacang tanah bersama di kebun Pos Yuruf Yonif 403, setelah membantu panen ternyata bapak-bapak TNI juga membagikan hasil panen kacang kepada kami masyarakat, agar boleh menikmati hasil panen bersama keluarga dirumah, kami ucapkan terimakasih banyak, semoga Tuhan memberkati bapak-bapak TNI,” ucap Jimmy.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

JAJARAN KODIM, POLRI, PEMDA SERTA YAYASAN BUDDHA TZU CHI VAKSINASI MASSAL DI KAMPUNG WARSANSAN

Biak Utara – Kodim 1708/Biak Numfor, Polres Biak Numfor, Pemda dan Yayasan Buddha Tzu Chi …