Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 1703-02/Tigi Olah Kebun

Deiyai ~ Anggota Koramil 1703-02/Tigi melaksanakan pembersihan lokasi yang hendak dijadikan kebun sayur dan buah-buahan. Kegiatan ini dilakukan di kebun Koramil kampung Idege, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua Tengah, pada Sabtu (23/3/2024).

Anggota Koramil memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan lahan produktif dengan membuat kebun pertanian.

Danramil 1703-02 Tigi Mayor Czi Jarman Dabang mengatakan kegiatan yang dilakukan ini menindaklanjuti perintah Dandim 1703/Deiyai Letkol Inf I Wayan Dedi Suryanto SE, dalam mewujudkan peran aktif TNI meningkatkan ketahanan pangan di daerah.

“Sebagai bentuk kepedulian Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat khususnya Koramil 1703-02/Tigi dalam membantu pemerintah daerah mensukseskan program Ketahanan Pangan. Sehingga program swasembada pangan dapat tercapai dan membantu kesejahteraan anggota Babinsa serta masyarakat di wilayah,” ujar Danramil Tigi Mayor Jarman Dabang.

Danramil Jarman Dabang menuturkan kegiatan ini melibatkan seluruh anggota Babinsa Koramil 1703-02/Tigi.

Adapun pekerjaan berkebun yang dilakukan meliputi pembersihan, mencangkul tanah, selanjutnya merawat bibit-bibit yang sudah ditanam seperti bawang merah, nanas, stroberi, dan terong belanda.

“Kegiatan kali ini tidak hanya melakukan perawatan pada tanaman yang sudah ditanam, tapi juga menyiangi rumput atau gulma yang tumbuh di sela-sela tanaman perkebunan.

“Banyaknya kendala-kendala yang ada, seperti gulma yang cepat tumbuh dan berkembang, sehingga dapat mengganggu pertumbuhan maupun hasil pada tanaman. Ini kami lakukan agar meningkatkan hasil pertanian yang maksimal nantinya,” ucap Danramil Tigi Mayor Czi Jarman Dabang.

Check Also

Kasdam didamping Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Berbagi Kasih Di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wadda’wah Argapura

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han diwakili Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto beserta Ny. …