2 Minggu Terlantarkan, Satgas TNI 300 Siliwangi Selamatkan Wanita terjangkit Malaria Di Papua

Puncak ~ Malaria merupakan penyakit akibat gigitan nyamuk Anopheles betina yang dapat menularkan parasit plasmodium yang terdapat pada liur nyamuk. Malaria merupakan penyakit serius yang biasanya menyerang bagian sendi-sendi dan juga bagian kepala manusia bahkan dapat menyebabkan kematian.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga, S.I.P, dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (7/2/2024).

“Malaria ini dapat menyerang segala kalangan dan segala usia, seperti yang diderita oleh salah Satu Masyarakat Distrik Mageabumek yang bernama Ibu Dipera Telenggen,” ujar Dansatgas.

Mendapatkan laporan dari Suami Mama Mira, Danpos Pintu Jawa Lettu Inf Dody Suyono turun langsung bersama Tim Kesehatan Satgas bergerak cepat menuju honai kerabat yang ditempati Mama Mira.

“2 minggu berada dirumah kerabatnya dan tidak dapat penanganan kesehatan, wanita yang akrab dipanggil Mama Mira sudah terlihat sangat lemas sampai kakinya mulai membengkak karena sudah lama tidak jalan,” pungkas Danpos.

Pihak keluarga mengucapakan terima kasih kepada Satgas TNI 300 Siliwangi yaitu Pos Pintu Jawa yang sudah dengan cepat menolong memberikan pengobatan pada Mama Mira yang terjangkit penyakit Malaria.

Untuk diketahui, Pos Pintu Jawa yang berada di Distrik Mageabumek merupakan Pos keluh kesah masyarakat sekitar, karena satu-satunya Pos Satgas yang ada dan dikelilingi 11 Kampung yang ada di Distrik Mageabumek.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Karya Bakti Dalam Rangka HUT Kodam XVII/Cenderawasih Ke-61 Tahun 2024

Karubaga – Pasiter Kodim 1716/TLK Kapten Inf V.L Cendra Hungan memimpin jalannya pelaksanaan Karya Bakti …