Lestarikan Budaya Papua, Satgas Yonif 405/SK Hadiri Acara Adat Pukul Tifa

Mimika – Guna melestarikan warisan tradisi leluhur Papua, anggota Pos Jita Satgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW menghadiri acara adat “Pukul Tifa”, bertempat di Rumah Adat Bujang, Kampung Bulumen, Distrik Jita, Kab. Mimika, Kamis (01/12/2022).

Demikian disampaikan oleh Danpos Jita Satgas Yonif 405/SK Letda Inf Sugianto dalam keterangannya.

Danpos Jita mengatakan, anggota Pos yang dipimpin oleh Serda Anis Huda beserta anggota Pos Ramil 1710-08/Jita berbaur dan menyatu bersama masyarakat dalam acara adat pukul Tifa tersebut.

“Acara adat pukul Tifa dilaksanakan oleh masyarakat Kampung Bulumen sebagai tuan rumah dalam rangka memperingati 100 hari kematian 19 warga yang meninggal dari beberapa kampung yang acaranya dijadikan satu. Acara adat dihadiri tokoh masyarakat, kepala suku, keluarga yang meninggal dan undangan dari kampung-kampung tetangga yang masih berstatus saudara, seperti dari Kampung Sempan Timur, Kanmapri, Wapu, Waituku, Wacakam dan Kampung Sumapro,” jelasnya.

“Dihadapan ratusan masyarakat dari berbagai kampung, Serda Anis Huda sebagai perwakilan Pos Satgas Yonif 405/SK memberikan sambutan sekaligus menghimbau agar acara dilaksanakan secara baik dan menghindari adanya keributan/masalah serta senantiasa saling menjaga keamanan khususnya di wilayah Distrik Jita,” tambah Danpos.

Sementara itu, Bapak Yohanis selaku Sekretaris Kampung Bulumen mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas Yonif 405/SK yang telah menghadiri undangan pada acara tersebut.

“Terimakasih kepada semua yang hadir dalam acara adat ini, khususnya Bapak-bapak TNI dari Pos yang selalu hadir dalam banyak kegiatan. Kita sudah sering bersama-sama, jadi sudah sama-sama saling kenal juga, sehingga sudah kami anggap saudara,” imbuh Yohanis.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Komsos Jadi Media Babinsa Koramil 1709-03/ Waropen Bawah Dekat Dengan Warganya

Waropen ~ Komunikasi sosial merupakan salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat dan …