Meski Medan Sulit, Satgas Yonif 511/Dy Patroli Cek Patok Batas Negara Ri-Papua Nugini

Merauke, Untuk memastikan patok batas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam keadaan aman, kondisi baik dan terjaga, pos jajaran Satgas Pamtas RI-PNG Statis Yonif 511/DY kembali beraksi laksanakan patroli patok di sepanjang perbatasan selatan Indonesia dengan Papua Nugini.

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Letkol Inf Rully Noriza S.I.P, M.I.P., dalam keterangannya di Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Sabtu (27/05/2023).

Dansatgas Letkol Inf Rully Noriza S.I.P, M.I.P., mengatakan bahwa terdapat 102 patok yang menjadi tanggung jawab Satgas Pamtas RI-PNG Statis Yonif 511/DY yang terdiri dari 17 Patok MM, 9 Patok type A dan 76 Patok type B.

“Sebelumnya kami sudah mencapai 81 patok yang terpatroli. Dengan penuh semangat dan tidak kenal menyerah prajurit Satgas Yonif 511/DY Badak Hitam dalam melaksanakan Patroli Patok Jilid-II ini berhasil menuntaskan dan menemukan 21 patok yang sebelumnya tidak tercapai. Sehingga 102 patok yang tergelar telah terpatroli semuanya dan dalam keadaan aman,” ucap Dansatgas Letkol Inf Rully Noriza S.I.P, M.I.P.

Sementara itu, Lettu Inf Sena Nur Jabbar, S.Tr.Han., selaku Pasi Ops Satgas Yonif 511/DY menambahkan bahwa pelaksanaan patroli patok dilakukan untuk mengetahui dan memastikan kondisi patok batas negara tidak bergeser ataupun rusak dan untuk meminimalisir, mencegah serta mengatasi apabila terdapat pelanggaran batas wilayah serta kegiatan ilegal di wilayah perbatasan kedua Negara, karena hal ini menyangkut tentang kedaulatan NKRI.

“Ditengah-tengah cuaca yang ekstrim, dan kondisi medan yang kurang mendukung kami akan tetap berjuang untuk mencapai Patok-patok Negara tersebut. Apapun rintangan yang akan kami hadapi, kami Prajurit Badak Hitam akan mengerahkan seluruh kemampuan kami bahkan jiwa raga kami untuk menjaga batas-batas Negara demi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Bagi Seorang Prajurit TNI, mengemban tugas operasi termasuk pengamanan perbatasan adalah suatu Kehormatan dan Kebanggaan. Maka dari itu Prajurit Satgas RI-PNG Statis Yonif 511/DY Badak Hitam berkomitmen penuh akan selalu mengabdikan seluruh jiwa raganya demi menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Manunggal Dengan Rakyat, Babinsa Yaptim Bantu Warga Bangun Rumah

Yapen ~ Sebagai bukti kemanunggalan TNI dan rakyat terealisasi dengan baik diwilayah binaannya, Sertu Patrik …