Pimpin Upacara 17 an, Kasdam XVII/Cenderawasih Berpesan Gelorakan Kepedulian dan Pelestarian Alam

Pelaksanaan Program Kerja TA. 2024, Pemilu 2024 yang damai, Netralitas TNI, Manunggal Air dan Pelestarian Lingkungan menjadi Atensi dalam amanat upacara Bendera Tujuh Belasan, dengan Inspektur Upacara (Irup) Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto, bertempat di Lapangan Makodam, Jayapura, Senin (17/2/2024).

Demikian disampaikan Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M dalam keterangannya.

Dalam pelaksanaan upacara ini, Kasdam membacakan Amanatnya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. memberikan beberapa atensi diantaranya ucapan terima kasih atas terselenggaranya Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan anggota legislatif secara serentak di seluruh wilayah Indonesia berlangsung aman.

“Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004, TNI memiliki kewajiban untuk menjaga stabilitas nasional dengan rasa tanggung jawab terhadap keamanan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Pegang Teguh netralitas TNI sebagai komitmen bersama, jangan terpancing dan terprovokasi oleh pihak tertentu yang memanfaatkan situasi politik untuk menyeret dan melibatkan kita ke dalam politik praktis terutama memecah belah bangsa. Optimalkan juga sinergitas dengan Polri serta semua komponen bangsa lainnya dalam menjamin konduktivitas dan keamanan,” tegas Brigjen TNI Hariyanto.

Diungkapkan pula dalam waktu dekat akan diselenggarakan rapat kerja Pimpinan TNI AD yang akan disampaikan Kebijakan TNI AD 2024, sehingga dalam pengimplementasian nantinya lebih profesional.

Lebih lanjut, Kasdam menegaskan bahwa TNI AD telah meresmikan 1.898 titik sumber air di seluruh wilayah Indonesia sebagai hasil dari kolaborasi berbagai komponen bangsa guna mendukung ketersediaan air bersih bagi warga masyarakat Indonesia yang wilayahnya masih kekurangan air bersih.

“TNI AD juga turut berperan aktif dalam pelestarian alam. Dalam hal ini telah dilakukan berbagai macam kegiatan diantaranya rehabilitasi kawasan hutan, pembersihan sampah secara masif di berbagai fasilitas umum, serta penanaman pohon keras di lahan gundul. Ini adalah wujud nyata TNI AD untuk menjaga kerusakan lingkungan bersama-sama,” jelasnya.

“Terus menggelorakan kepedulian terhadap lingkungan dan aktif dalam pelestarian alam sekitar,” pungkas Kasdam.

Usai pelaksanaan Upacara Bendera 17 an ini, dilanjutkan dengan Parade Defile di Lapangan Makodam XVII/Cen.

Check Also

Kodim 1709/Yawa Gelar Syukuran Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Yapen ~ Kodim 1709/Yawa menggelar syukuran Hari Ulang Tahun ke-61 Kodam XVII Cenderawasih dengan mengusung …