Semarak Hari Sumpah Pemuda, Kodim 1708/BN Gelar Perlombaan Tari Yospan Antar Pelajar Dan Sanggar

Biak – Semarak Hari Sumpah Pemuda serta guna mencari bakat di wilayah Papua khususnya di Kabupaten Biak Numfor, Kodim 1708/BN menggelar beberapa pertandingan salah satunya perlombaan Yospan bertempat di lapangan Makodim 1708/BN, Jl. Sriwijaya, Kelurahan Brambaken, Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor, Senin (31/10/2022).

Tari Yospan merupakan tarian yang berasal dari daerah tanah Papua terutama daerah pesisir pantai yang merupakan sebuah tarian ekspresi kegembiraan dengan melakukan gerak tari secara bersama-sama dengan menghentakkan kedua kaki serentak ke tanah. Tari Yospan termasuk jenis tari berpasangan yang ditarikan oleh penari laki-laki dan perempuan. Fungsi Tari Yospan tidak lain adalah sebagai ungkapkan rasa kebahagiaan dengan suasana dan gerak yang riang.

Lomba tari itu diikuti oleh 16 peserta peserta dari beberapa pelajar dan sanggar dari Kabupaten Biak Numfor.

Antusias para peserta dalam lomba ini terlihat sangat tinggi, dimana para peserta dengan semangat berusaha untuk menampilkan pertunjukan yang terbaik. Ratusan masyarakat dari Kota Biak berdatangan menyaksikan jalannya lomba Tari Yospan. Sorakan dan teriakan penuh semangat dari mereka memberikan dukungannya kepada para peserta lomba.

Sementara itu, Komandan Kodim 1708/BN Letkol Inf J. Daniel P. Manalu, S.H., M.I. Pol mengatakan perlombaan yang dilakukan dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda. Lomba Yospan iniE merupakan momentum penting yang diselenggarakan agar dapat lebih menumbuhkan rasa cinta pada budaya dan adat istiadat. Sehingga dapat terus memelihara dan melestarikan Tari Yospan ini sebagai kekayaan budaya.

“Tidak hanya melestarikan seni budaya, perlombaan ini mampu memberdayakan generasi milenial untuk kembali mencintai seni budaya bangsa Indonesia khususnya Papua agar tetap ada dan terjaga karena Tari Yospan tarian jenis pergaulan masyarakat di Papua dimana sering dimainkan oleh muda-mudi sebagai bentuk persahabatan,” tandas Dandim.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …