Tidak Ingin Papua Maju Membangun, KKB Putus Akses Jalan Trans Sugapa Titigi Intan Jaya

Komitmen membangun Tanah Papua benar-benar diwujudkan pada berbagai sektor dan bidang oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah sampai pada tingkat Kampung. Mulai dari pembangunan infrastruktur jalan Trans Papua, pembangunan di areal perbatasan Negara berupa Pos Lintas Batas, pembangunan bidang ekonomi sosial budaya dan pendidikan serta bidang sektor lainnya.

Hal ini seiring juga dengan tingginya partisipasi masyarakat Papua dalam pembangunan yang menunjukkan bahwa masyarakat Papua ingin hidup lebih maju dan sejahtera. Kondisi ini dapat dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan ekonomi Papua pada Triwulan III/2023 mengalami pertumbuhan sebesar 8,28 persen, jika dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. Kondisi ini diapresiasi karena pertumbuhan Papua melampaui pertumbuhan Nasional.

Namun sangat disayangkan, dengan semangat yang begitu besar dan tinggi agar Papua lebih maju dan sejahtera, terhambat dan dicederai oleh perilaku dari gerombolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang tidak berhenti melakukan teror, membakar sekolah dan membakar rumah warga dan fasilitas lainnya, menyerang dan menembak serta membunuh warga sipil dan Aparat Keamanan.

Seperti halnya terjadi pada hari ini Minggu (4/2/2024) diperoleh informasi di lapangan bahwa gerombolan KKB dengan sengaja memutus akses Jalan Trans Sugapa – Titigi di Kab. Intan Jaya dengan cara menggali selebar 1,5 Meter dengan kedalaman sekitar 2 Meter. Tepatnya di jalan Kampung Mbomogo Intan Jaya.

Demikian disampaikan Ws. Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E.,M.M. dalam keterangannya, Senin (5/2).

“Memang benar KKB tidak ingin Papua maju membangun kesejahteraan masyarakat Papua. Terbukti hari ini, telah memutus jalan Trans Sugapa – Titigi di Kab. Intan Jaya. Tindakan ini sudah keterlaluan sehingga mempersulit akses dan mengganggu aktivitas masyarakat sehari-hari,” jelas Kapendam.

“Bukannya membantu masyarakat, justru KKB mempersulit masyarakat. Bukan mendukung pembangunan kesejahteraan masyarakat, namun malah menghambat pembangunan,” tambah Candra.

Check Also

Kodim 1709/Yawa Gelar Syukuran Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Yapen ~ Kodim 1709/Yawa menggelar syukuran Hari Ulang Tahun ke-61 Kodam XVII Cenderawasih dengan mengusung …