Tim Dalproggar TNI AD Kunjungi Kodam XVII/Cenderawasih

Jayapura ~ Tim Pengendalian Program Kerja dan Anggaran (Dalproggar) TNI AD TA 2023 yang dipimpin oleh Ketua Tim Kolonel Inf Alexsius Ngurah Adnjana, P.Sc., M.Han., M.S.S.S.D., ndc beserta rombongan tim mengunjungi Kodam XVII/Cenderawasih. Pada kunjungan tersebut diterima langsung oleh Aslog Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Budiawan Basuki, bertempat di Makodam XVII/Cenderawasih, Senin (18/9/2023).

Kunjungan Tim Dalproggar TNI AD merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana bentuk kinerja yang telah dilaksanakan oleh satuan yang dikunjungi.

Pada kesempatan tersebut Aslog Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Budiawan Basuki menyampaikan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Dalproggar TNI AD beserta Tim di Makodam XVII/Cenderawasih.

Pada kesempatan siang hari ini saya hadirkan seluruh Kasatker jajaran Kodam XVII/Cenderawasih wilayah Jayapura untuk ikut menyambut dan juga mendengarkan arahan Ketua Tim Dalproggar TNI AD TA 2023 terkait kegiatan yang akan dilaksanakan di Satker wilayah Jayapura dan di Kab. Nabire,” ucap Kolonel Inf Budiawan Basuki.

Sementara itu kita ketahui bersama Dalproggar TNI AD TA 2023 merupakan kegiatan pengendalian dan fungsi kontrol terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran yang telah dilaksanakan oleh Satuan-satuan di jajaran TNI AD termasuk Kodam XVII/Cenderawasih.

“Pengendalian Program Kerja Dan Anggaran merupakan salah satu kegiatan penting yang tidak dapat dipisahkan dalam sistem manajemen organisasi. Fungsi pengendalian sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan pelaksanaan program kerja dan anggaran yang dilaksanakan. Karena itu dengan adanya kunjungan kerja Tim Dalproggar TNI AD TA 2023 dapat mengukur dan mengevaluasi pelaksanaan tugas serta fungsi yang telah dijalankan sesuai dengan program yang telah disusun sebelumnya,” tambah Kolonel Inf Budiawan Basuki.

“Kegiatan Dalproggar juga merupakan sarana kontrol dan monitoring pimpinan terhadap pelaksanaan kegiatan sesuai dengan program yang telah ditentukan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran agar diperoleh daya guna dan hasil guna secara optimal, akuntabel serta tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku.”

Diharapkan kepada Kasatker atau Satuan yang akan di Dalproggar untuk memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya untuk berkonsultasi terkait program kerja dan anggaran serta kendala dan hambatan yang dihadapi,” tegas Kolonel Inf Budiawan Basuki.

Lebih lanjut Ketua Tim Dalproggar mengatakan kegiatan program TNI AD diselenggarakan untuk mewujudkan efektifitas, untuk kepentingan TNI AD, sehingga diharapkan akan diperoleh keterpaduan hasil pencapaian kegiatan perhitungan anggaran pada pelaksanaan program anggaran TNI AD. Dengan peninjauan secara langsung oleh Tim Dalproggar, dimaksudkan untuk menjamin keselarasan rencana Strategis Renstra tahun 2020 sampai tahun 2024,” kata Kolonel Inf Alexsius Ngurah Adnjana.

Lebih lanjut, Ketua Tim Dalproggar menyampaikan bahwa kunjungan Tim Dalproggar diarahkan agar mengetahui secara langsung perkembangan kemajuan kegiatan dan anggaran serta kendala maupun hambatan yang timbul di lapangan agar dapat dicarikan solusi dan dipecahkan secara bersama-sama, sehingga pelaksanaan program dan anggaran TNI AD TA 2023 dapat tercapai secara optimal, tepat waktu, dan tepat sasaran,” tutup Ketua Tim Kolonel Inf Alexsius Ngurah Adnjana.

Check Also

Danrem 174/ATW Ikuti Vicon Peresmian Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman dan 20 Rumah Sakit TNI

Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.Si., beserta Pj. Gubernur Papua Selatan Prof. Dr. …