TNI Polri Dan Masyarakat Gelar Istighasah Kubra Di Makodam XVII/Cenderawasih Dan Serentak Secara Nasional

Jayapura – Kodam XVII/Cenderawasih melaksanakan kegiatan Istighosah Kubra dalam rangka menyambut Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 2023 kegiatan yang dipusatkan di Masjid Al-Fajr, Makodam XVII/Cenderawasih, Kota Jayapura secara langsung dan Virtual melibatkan Prajurit TNI Polri, PNS dan masyarakat, Minggu (19/2/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Danang Wiranta, Waka Polda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H, Kajati Papua Bapak Witono, perwakilan Pejabat dari Pengadilan Tinggi Papua, Para Asisten, Kabalakdam XVII/Cenderawasih, dan Prajurit TNI AD, TNI AL, TNI AU, POLRI, PNS maupun Kowad.

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H dalam keterangannya.

Sementara itu, kegiatan Istighosah Kubra yang dipusatkan di Cianjur, Jawa Barat dihadiri Wakil Presiden RI Bapak K.H. Ma’ruf Amin, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman , Ketua MUI Pusat KH. M. Cholil Nafis, Lc., MA., Ph.D.

Agenda acara Istighasah diawali sambutan dari Ketua MUI Pusat, Wagub Jabar, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dan Wapres RI serta dirangkai doa keselamatan Bangsa secara bersama-sama.

Dalam kesempatan itu, Wapres RI menyebut Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang saat itu hadir sebagai Jenderal Santri, sehingga menginisiasi sampai terselenggaranya acara Istighasah tersebut secara Nasional dipusatkan di Cianjur.

“Bapak Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurrahman, saya nyebutnya Jenderal santri,” kata Wapres dalam sambutannya secara virtual yang diikuti tepuk tangan oleh para jamaah yang hadir.

Kemudian ditegaskan oleh Wapres RI bahwa mantan Pangkostrad tersebut pernah menjadi santri di Pesantren Buntet, Cirebon, Jawa Barat.

“Karena memang beliau ini santri sebenarnya. Saya tahu beliau ini sebenarnya ini alumni Pesantren Buntet Cirebon itu. Oleh karena itu, tidak heran, kata Wapres RI, Jenderal Dudung sering mengadakan agenda seperti istighosah, dzikir, dan juga doa bersama seperti saat ini digelar bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Makanya tidak heran kalau bikin istighosah, bikin dzikir, bikin doa, shalat subuh, karena beliau juga santri,” jelas Wapres.

Di tempat yang sama, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dalam sambutannya mengatakan kegiatan Istighasah Kubra merupakan salah satu sarana untuk mendekat diri kita kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk terus bersabar atas segala cobaan yang ada.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk Sinegritas atara TNI dengan komponen Bangsa lainnya. Kepada seluruh Prajurit untuk selalu hadir di tengah-tengah rakyat untuk mengatasi kesulitan dimanapun berada dan bertugas karena Rakyat adalah Ibu Kandung TNI.” Angkatan Darat selalu di Hati Rakyat,” pungkas Kasad.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Karya Bakti Dalam Rangka HUT Kodam XVII/Cenderawasih Ke-61 Tahun 2024

Karubaga – Pasiter Kodim 1716/TLK Kapten Inf V.L Cendra Hungan memimpin jalannya pelaksanaan Karya Bakti …