Babinsa Koramil Biak Kota Berikan Pelatihan Menanam Ubi Jalar Kepada Masyarakat

Biak ~ Dalam rangka mendukung ketahanan pangan di wilayahnya, Babinsa Koramil 1708-01/Biak Kota turut serta memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam kegiatan menanam ubi jalar, bertempat di Kampung Kampung Suneri, Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor, Selasa (2/4/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian pangan diwilayah binaan.

Dalam pelatihan tersebut, Babinsa Koramil 1708-01/Biak Kota memberikan bimbingan teknis kepada masyarakat terkait cara menanam ubi jalar yang baik dan benar, mulai dari persiapan lahan, pemilihan bibit yang berkualitas, hingga perawatan tanaman. Selain itu, mereka juga memberikan pengetahuan tentang manfaat ubi jalar sebagai sumber pangan yang kaya akan gizi dan dapat tumbuh subur di berbagai kondisi lahan.

Wadanramil 1708-01/Biak Kota Letda Inf Matius Laduk Salurapa mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen TNI dalam mendukung ketahanan pangan nasional serta memperkuat keterlibatan dan keterpaduan antara TNI dan masyarakat dalam upaya mencapai kesejahteraan bersama.

”Melalui kegiatan pendampingan seperti ini, kami berharap dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam bertani, sehingga dapat meningkatkan produksi pangan lokal dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan pangan dari luar,” ujar Wadanramil.

Kegiatan menanam ubi jalar ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal serta memperkokoh rasa solidaritas dan kebersamaan antara TNI dan masyarakat dalam membangun ketahanan pangan yang kokoh dan berkelanjutan.

Sementara itu, Ibu Mince Meokbun selaku masyarakat setempat mengatakan pendampingan para anggota koramil 1708-01/Biak Kota ini memberikan contoh dan motivasi kepada para masyarakat, sehingga kami sangat antusias menanam ubi jalar ini.

“Mewakili masyarakat saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para anggota koramil 1708-01/Biak Kota dengan memberikan contoh kegiatan hal yang positif kepada kami, sehingga selain menanam jagung, dan sayur-sayuran kami juga bisa menanam ubi jalar yang relatif mudah penanamannya,” tutur Ibu Mince Meokbun.

Check Also

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Jaga Hubungan Dengan Masyarakat Melalui Komsos

Timika ~ Kondisi wilayah binaan merupakan tanggung jawab Babinsa selaku aparat kewilayahan dan untuk mengantisipasi …