CIPTAKAN RASA AMAN, SATGAS 711 RAKSATAMA GELAR SWEEPING GABUNGAN

Muara Tami – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan di wilayah perbatasan RI-PNG, anggota Pos Kotis Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks mengikuti kegiatan Sweeping gabungan TNI-POLRI bersama PLBN Skouw di Jalan poros Skouw RI-PNG di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua. Jumat (01/04/2022).

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letkol Inf Mutakbir mengungkapkan, dalam upaya menjaga stabilitas keamanan di wilayah perbatasan dan seiring menyambut Bulan Suci Ramadhan, bersama personel Pos Pol Sub sektor Skouw dan jajaran PLBN Skouw (Imigrasi, Bea Cukai dan Karantina) menggelar Sweeping gabungan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat berupa mencegah adanya barang-barang ilegal, pelintas batas ilegal dan mencegah terjadinya aksi-aksi kriminal.

“Keberadaan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks di wilayah perbatasan RI-PNG selalu siap memberikan rasa aman dan menciptakan suasana yang kondusif bersama jajaran aparat keamanan lainnya, salah satunya dengan melaksanakan patroli dan Sweeping gabungan secara berkesinambungan,” tambah Dansatgas.

Lokasi Sweeping kali ini dibagi menjadi beberapa titik, aparat gabungan berhasil mengamankan 1 (satu) orang WNA dari Negara Afrika yang akan naik ke pasar dengan surat ijin tinggal di Indonesia sudah habis masa berlaku sejak Bulan November 2021.

“Saat ini yang bersangkutan masih diamankan oleh pihak imigrasi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap Dansatgas.

Selain melaksanakan Sweeping, Dansatgas juga menginstruksikan anggotanya untuk memperketat penjagaan dan memeriksa setiap pelintas batas yang akan keluar masuk RI-PNG.

“Setiap pelintas batas juga kami tingkatkan pemeriksaan terhadap barang-barang yang dibawa maupun kendaraan yang melintasi perbatasan juga kami lakukan pemeriksaan secara detail,” pungkasnya.

Adapun yang mengikuti kegiatan sweeping terdiri dari satuan gabungan yang berada di perbatasan RI-PNG Skouw diantaranya, Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 711/Rks dipimpin Lettu Inf Ifan Petrus, Pos Pol Sub Sektor Skouw dipimpin Aipda Suyitno, Imigrasi dipimpin Agus Eko, Bea Cukai dipimpin Janny Afar dan Karantina dipimpin Reza Bayu.

Sementara itu Kepala PLBN Skouw Bapak Numberi sangat mengapresiasi kerja sama yang dilakukan oleh Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks bersama instansi terkait.

“Saya berterima kasih atas kerjasamanya yang diberikan anggota Satgas TNI dan Pos Pol Skouw pada kami dalam upaya mencegah pelintas batas dan barang-barang ilegal yang keluar masuk dari RI-PNG,” ucap Bapak Numberi.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Beri Makanan Tambahan Bergizi Di Kampung Muare

Timika ~ Tidak bisa dipungkiri bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi termasuk di wilayah …