DANDIM 1709/YAWA AJAK TOKOH MASYARAKAT PELIHARA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

Yapen – Dalam rangka menjaga dan memelihara kerukunan antar umat beragama yang ada di wilayah teritorialnya, Kodim 1709/Yawa mengadakan kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Triwulan III Kodim 1709/Yawa TA. 2021 dengan tema “Mewujudkan Pembinaan Teritorial TNI-AD yang Adaptif Melalui Kegiatan Kerukunan Umat Beragama Demi Mencegah Konflik Sosial Antar Umat Beragama Serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa” yang diadakan di Aula Jend. Sudirman Kodim 1709/Yawa, Selasa (28/09/2021).

Dalam sambutannya, Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H., Dandim 1709/Yawa mengatakan, “Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu, agar ada sinergi antara TNI AD dan FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Yapen dalam menyebarkan cara pandang agama yang kondusif, untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama, demi terciptanya masyarakat yang bebas dari ancaman, kekerasan hingga konflik agama di wilayah ini”, tutur Dandim.

“Toleransi atau Toleran secara bahasa kata ini berasal dari bahasa latin Tolerare, yang berarti dengan sabar membiarkan sesuatu, sehingga toleransi beragama memiliki arti, sikap lapang dada seseorang untuk menghormati dan membiarkan pemeluk agama lain untuk melaksanakan ibadah mereka menurut ajaran dan ketentuan agama masing-masing, yang diyakini tanpa ada yang mengganggu atau memaksakan baik dari orang lain, keluarganya maupaun orang dari lingkungan sekitar sekalipun”, lanjut Dandim.

Dikatakannya, “Kerukunan antar umat beragama di Yapen sangat luar biasa, karena telah terbukti lewat perayaan Hari Raya Idul Fitri oleh Umat Muslim yang pelaksanaannya bersamaan dengan Perayaan Paskah oleh Umat Kristiani beberapa waktu yang lalu, semuanya dapat berjalan dengan baik dan penuh dengan keharmonisan serta kedamaian”, tambahnya.

“Biarlah perbedaan Agama, Suku, Ras dan Adat Istiadat dari seluruh masyarakat yang ada disini menjadi senjata ampuh dan kekuatan bagi kita untuk mencapai dan menyukseskan percepatan pembangunan serta peningkatan kesejahteraan seluruh warga masyarakat Yapen”, pungkas Dandim.

Pendeta M. Waromi Ketua FKUB Kab. Kep. Yapen mengatakan, “Saya merasa bangga sebagai Ketua FKUB Yapen, karena Kodim 1709/Yawa selalu membuat sebuah pencerahan dan terobosan baru tentang peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat. Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Dandim dan seluruh jajarannya yang telah memberi pembinaan bagi kami seluruh umat beragama dan kami akan tetap mempertahankan kerukunan umat beragama yang sudah terjalin dengan baik di wilayah ini, sesuai dengan motto FKUB kami bahwa “Hidup Rukun Itu Indah”, tandasnya. (Prod/Cen)

Check Also

ATASI KELUHAN KESEHATAN MASYARAKAT, SATGAS TNI GELAR BHAKTI SOSIAL DAN BERI PELAYANAN KESEHATAN DI PERBATASAN RI-PNG

Keerom – Masih dalam rangkaian memeriahkan HUT TNI ke-76 tahun 2021, Pos Kout Satgas Pamtas …