Danrem 172/PWY Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Dalam Rangka Kunjungan Wapres RI Di Papua

Jayapura ~ Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono, S.I.P memimpin apel gelar pasukan pengamanan sehari menjelang Kunjungan Kerja Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH. Ma’ruf Amin di Papua.

Kegiatan Apel gelar pasukan ini dilaksanakan di lapangan Denzipur 10/KYD di Kota Jayapura, Papua, Minggu (8/10/2023).

Mengawali kegiatan gelar pasukan, dalam sambutannya Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono, S.IP menyampaikan gelar pasukan yang dilaksanakan tersebut merupakan bentuk pengecekan kesiapan satuan dalam rangka mendukung pengamanan Kunjungan Kerja Wapres RI di Provinsi Papua, yang rencananya akan dimulai dari tanggal 9 sampai dengan 12 Oktober 2023.

Lebih lanjut, Danrem 172/PWY menegaskan kepada seluruh prajurit TNI-POLRI yang tergabung dalam Satgas Pam VVIP agar segera melakukan langkah-langkah preventif dan antisipatif, serta melaksanakan koordinasi secara terpadu dengan seluruh unsur Forkopimda Provinsi dan Kabupaten di Papua, sehingga tercipta sinergitas yang solid guna mengawal dan mengamankan Kunjungan Wapres RI di wilayah Papua secara aman, lancar dan terkendali.

“Tanggungjawab pengamanan diserahkan sepenuhnya kepada Satuan TNI dan Polri serta jajaran Pemda Papua. Dengan demikian apel kesiapsiagaan ini sangat penting untuk mengetahui kesiapan prajurit, Alutsista, maupun segenap unsur pendukungnya, sehingga siap digerakkan untuk mengantisipasi dan mengatasi setiap kemungkinan permasalahan yang terjadi selama Kunjungan Wapres RI,” tegas Danrem.

Danrem berharap kepada seluruh personel yang diberi kepercayaan dan amanah melaksanakan tugas Pam VVIP agar benar-benar mempersiapkan pengamanan dengan sebaik-baiknya, sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan harapan bersama.

“Marilah kita laksanakan tugas ini dengan senantiasa berpedoman pada aturan yang berlaku. Selalu waspada dan perhatikan faktor keamanan personel dan materiil serta laksanakan temu cepat, lapor cepat sesuai hirarki. Pelihara dan kembangkan loyalitas, solidaritas serta jiwa korsa,” harap Danrem.

“Tingkatkan kerjasama antara TNI Polri dan Pemprov Papua demi menyukseskan kegiatan ini. Utamakan tindakan soft power dan persuasif serta hindari tindakan reaktif yang berlebihan. Timbulkan kesan bahwa sebagai tuan rumah yang baik, mampu mewujudkan suasana aman, nyaman dan damai dalam Kunjungan Wapres RI di tanah Papua,” imbuh Danrem.

Sementara itu, usai memimpin apel gelar pasukan Danrem 172/PWY mengatakan personel gabungan TNI dan POLRI serta unsur Pemerintah Provinsi Papua disiagakan dan disiapkan untuk mengamankan Kunjungan Wapres RI.

“Seluruh personel siap mengamankan Kunjungan Kerja Wapres RI di Tanah Papua,” ujar Danrem.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …