Kasdam Cenderawasih Tegaskan Netralitas TNI dan Penggunaan Medsos Dengan Bijak

Penggunaan Medsos dengan bijak, Pemilu 2024 yang damai, peristiwa terkait hukum yang melibatkan anggota TNI dan Netralitas TNI menjadi Atensi dalam upacara Bendera Tujuh Belasan, dengan Inspektur Upacara (Irup) Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto, bertempat di Lapangan Makodam, Jayapura, Rabu (17/4/2024).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M dalam keterangannya.

Dalam pelaksanaan upacara ini, Kasdam menyampaikan Amanat Panglima TNI dengan memberikan apresiasi dan rasa bangga atas semangat, dedikasi, loyalitas serta militansi dalam setiap pelaksanaan tugas.

Kasdam juga menekankan terkait media sosial bahwa media sosial kerap kali digunakan untuk penyebaran berita bohong (Hoax) dan memprovokasi, serta memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.


“Kita harus lebih bijak dan cermat dalam menyikapi informasi yang berkembang, serta tidak mudah terpengaruh oleh berita-berita di media sosial. Percayalah kepada Pimpinan, karena dengan demikian kita akan tetap solid dan tidak terpecah belah,” tegasnya.

Lebih lanjut, Brigjen TNI Hariyanto mengungkapkan pada tahun 2024 merupakan tahun politik dengan akan diselenggarakannya Pilkada serentak. Terkait hal tersebut, Netralitas TNI adalah prinsip yang harus dijaga oleh seluruh anggota TNI.
“Jika TNI terlibat dalam kegiatan politik, maka hal ini dapat menimbulkan konflik kepentingan dan dapat mengganggu tugas pokoknya,” ujarnya.

“Pegang teguh Sumpah Prajurit, Sapta Marga, dan 8 Wajib TNI, Selalu jaga kesiapsiagaan maupun kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas, Selalu bijak dan cermat, serta jangan mudah terprovokasi dalam menyikapi informasi yang berkembang, Netralitas TNI adalah komitmen yang harus dipegang teguh dan dijaga oleh seluruh anggota TNI, dan Wujudkan TNI yang Profesional, Responsif, integrative, Modern dan Adaptif,” tutup Kasdam.


Turut hadir mengikuti upacara ini, Para Pamen Ahli, Asisten, PA LO, Kabalak dan Prajurit dan PNS Kodam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Didampingi Kasdam Cenderawasih Kunker ke Boven Digoel dan Merauke, Ini Pesan Wakasad

Dalam kunjungan kerjanya hari kedua di wilayah Papua, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen …