Kasdam XVII/Cenderawasih Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Dan Laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira

Jayapura ~ Kodam XVII/Cenderawasih melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 dan Laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira, Minggu (1/10) di lapangan Silas Papare Makodam XVII/Cenderawasih. Kegiatan ini dipimpin oleh Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Yudha Medy Dharma Zafrul, S.I.P., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Pada tahun 2023 ini, peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengusung tema Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju. Adapun peserta upacara diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS satuan Kodam XVII/Cen yang berada di wilayah Kota Jayapura untuk mengenang para Pahlawan revolusi yang gugur akibat kekejaman PKI (Partai Komunis Indonesia) dalam peristiwa G30S/PKI.

Dalam rangkaian upacara, dibacakan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila sebagai pernyataan kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan dan menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, dalam laporan Korps kenaikan Pangkat Perwira. Para Perwira yang naik Pangkat satu tingkat lebih tinggi dengan hikmat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Usai kegiatan upacara, Kasdam XVII/Cenderawasih menyampaikan kepada para peserta upacara untuk memahami maksud dan tujuan dilaksanakannya upacara Hari Kesaktian Pancasila.

“Pancasila sebagai dasar negara telah banyak mengalami ujian dan tantangan, namun semuanya dapat dihancurkan dan digagalkan walaupun banyak menelan korban jiwa dan raga, seperti gugurnya Pahlawan Revolusi pada 30 September 1965 yang membela NKRI,” kata Kasdam XVII/Cenderawasih.

Lebih lanjut, Kasdam mengatakan bahwa Pangdam XVII/Cen Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han telah menyampaikan pesan yaitu ucapan selamat kepada seluruh personel Kodam yang pada 1 Oktober 2023 mendapatkan kenaikan Pangkat.

“Kenaikan pangkat merupakan bentuk penghargaan yang diberikan pimpinan atas prestasi kerja yang telah diberikan kepada satuan. Semakin tinggi pangkat yang disandang, semakin tinggi pula tuntutan tugas dan tanggungjawab yang diembannya. Oleh sebab itu, tunjukkan bahwa memang pantas menyandang pangkat tersebut,” tutup Kasdam.

Diakhir kegiatan, dilaksanakan pemberian ucapan selamat kepada para Perwira yang naik pangkat, diawali ucapan dan jabat tangan oleh Kasdam XVII/Cenderawasih, kemudian diikuti oleh seluruh peserta upacara lainnya.

Data personel Kodam XVII/Cen yang pada periode 1 Oktober 2023 mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, berjumlah 1.681 orang.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Manunggal Dengan Rakyat, Babinsa Yaptim Bantu Warga Bangun Rumah

Yapen ~ Sebagai bukti kemanunggalan TNI dan rakyat terealisasi dengan baik diwilayah binaannya, Sertu Patrik …