Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Taklimat Awal Post Audit Itjenad TA 2023

Jayapura ~ Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, diwakili oleh Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno, S.Sos. membuka Taklimat Awal Post Audit Itjenad TA 2023, bertempat di Ruang Bina Yudha Makodam XVII/Cenderawasih, Senin (8/5/2023).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H., menerangkan dalam pelaksanaan Post Audit dari Itjenad akan dilaksanakan di seluruh jajaran Kodam XVII/Cenderawasih.

“Saat Taklimat Awal Post Audit dihadiri oleh Para Komandan Satuan, Komandan/Kepala Badan Pelaksana. Selanjutnya pelaksanaan Post Audit Itjenad TA 2023 ini berlangsung mulai tanggal 8 Mei sampai dengan tanggal 17 Mei 2023 di seluruh Satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih,” jelas Kapendam XVII/Cenderawasih.

Sementara itu, dalam amanat Pangdam XVII/Cenderawasih yang dibacakan oleh Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno, S.Sos., menyampaikan ucapan selamat datang kepada Irter Itum Itjenad Brigjen TNI Supriyanto, beserta Tim Post Audit Itjenad di Kodam XVII/Cenderawasih.

Lebih lanjut, Irdam XVII/Cenderawasih menjelaskan, Kodam XVII/Cenderawasih tetap melaksanakan kegiatan pengawasan yang dilaksanakan oleh Inspektorat Kodam XVII/Cenderawasih sebagai APIP (Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah) dalam rangka mewujudkan pengelolaan anggaran yang akuntabel dan trasparan,” terang Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno, S.Sos.

Tak hanya itu, Irdam XVII/Cenderawasih berharap dengan adanya Post Audit Itjenad TA 2023 ini, tentunya sangat membantu dalam pengawasan terhadap kinerja organisasi, perbendaharaan dan keuangan di satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih. Oleh karenanya, mengingat pentingnya kegiatan pengawasan yang dilaksanakan oleh tim Post Audit Itjenad, maka meminta kepada para unsur pimpinan dan staf di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih agar membantu dengan memberikan data dan fakta kepada tim, serta apabila ada temuan agar segera ditindaklanjuti dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan pada pelaksanaan program kerja dan anggaran di lingkungan Satker masing-masing guna mempertahankan pencapaian opini WTP yang telah diraih oleh komando atas.

“Saya juga berharap kedatangan tim Post Audit Itjenad di Kodam XVII/Cenderawasih hendaknya mampu menjembatani antara komando atas dengan satuan pelaksana untuk membantu memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi sebagai bahan pertimbangan pimpinan dalam menentukan kebijakan dan perbaikan pelaksanaan tugas dimasa yang akan datang,” tutup Irdam XVII/Cenderawasih.

Di tempat yang sama, Brigjen TNI Supriyanto selaku Irter Itum Itjenad membacakan amanat Taklimat awal dari Inspektur Jenderal TNI AD yang menjelaskan bahwa kegiatan pengawasan Post Audit merupakan bagian dari suatu sistem dalam menajemen modern, sebagai sarana pengendalian kegiatan organisasi. Implementasinya di lingkungan Angkatan Darat dilaksanakan oleh Itjenad sebagai aparat pengawasan intern pemerintah sesuai dengan tugas pokoknya.

“Kegiatan ini untuk membantu Kasad dalam menyelenggarakan pengawasan kinerja, perbendaharaan dan khusus terhadap organisasi di jajaran TNI AD dalam rangka mendukung tugas TNI AD,” jelas Brigjen TNI Supriyanto.

“Saya berharap upaya pengawasan ini mampu meningkatkan kualitas kinerja kita di masa datang serta meningkatkan akuntabilitas dan transparasi pengelolaan anggaran yang berdampak pada peningkatan kesiapsiagaan satuan, profesionalisme dan kesejahteraan prajurit, PNS, dan keluarganya,” tambah Brigjen TNI Supriyanto.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasrem 172/PWY Kolonel Inf Bayu Sudarmanto, Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, dan Para Dan/Kabalakdam XVII/Cenderawasih.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Komsos Jadi Media Babinsa Koramil 1709-03/ Waropen Bawah Dekat Dengan Warganya

Waropen ~ Komunikasi sosial merupakan salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat dan …