Masyarakat Senang Bersama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Budidaya Ikan Nila

Merauke – Dalam rangka memperkokoh kemanunggalan antara TNI dengan rakyat personel Pos Bupul 13 Satgas Yonif 511/DY mengajak masyarakat pedalaman Papua budi daya ikan Nila, dipimpin oleh Sertu Mei Adi Susila beserta 9 personel di Kampung Kirelly, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke, Rabu (8/2/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan oleh Pos Bupul 13 atas arahan dari Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P., M.I.P., sehingga Danpos Bupul 13 Sertu Mei beserta anggotanya menuju ke balai kampung untuk mensosialisasikan dan menjelaskan tentang budi daya ikan Nila di Kampung Kirelly Distrik Ulilin guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

Danpos Bupul 13 Sertu Mei mengatakan bahwa usaha ternak ikan Nila merupakan budi daya yang cukup mudah dilakukan dengan memanfaatkan besi atau papan bekas yang dibentuk kolam dan dialasi dengan terpal serta biaya pakan ikan yang mahal konsentrat (pelet) dapat dicarikan dari alam sekitaran rumah.

“Untuk meringankan pakan yang mahal, kita bisa mendapatkan makanan ikan nila dengan mudah didapatkannya di sekitaran rumah seperti daun talas, daun pepaya, kankung dan lumut sungai sehingga mengurangi biaya pakan yang mahal,” ungkapnya.

“Pemeliharaannya cukup mudah, selalu memperhatikan kadar air di dalam kolam dan melihat pertumbuhan ikannya. Budi daya ikan nila ini diharapkan dapat terus berkembang karena bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan untuk konsumsi sendiri kalau ada kelebihan bisa dijual untuk memberikan nilai tambah bagi pendapatan masyarakat,” ujar Danpos.

Sementara itu, salah satu warga masyarakat Bapak Sandim (61) menyampaikan sangat senang belajar budidaya ikan Nila bersama Bapak TNI Satgas Yonif 511/DY dan dapat menambah wawasan serta menikmati hasilnya secara langsung.

”Terima kasih Bapak TNI, kami senang bisa belajar untuk menambah wawasan kami dalam bidang budi daya ikan nila dan semoga dapat meningkatkan penghasilan masyarakat dari sektor perikanan khususnya kami di daerah pedalaman Papua,” ucapnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …