MENJAGA SITUASI TETAP AMAN DAN KONDUSIF, APARAT TNI MEDIASI PERMASALAHAN WARGA

Yapen – Berperan aktif di tengah-tengah masyarakat, Sertu Jhonias M. Riyoli Babinsa Koramil 1709-02/Yapen Timur Kodim 1709/Yawa membantu memediasi permasalahan antar warga di wilayah penugasan, berlokasi di Kampung Korombobi Distrik Yapen Timur Kabupaten Kepulauan Yapen, Senin (18/10/2021).

Sertu Jhonias M. Riyoli Babinsa Koramil 1709-02/Yapen Timur Kodim 1709/Yawa mengungkapkan sebagai seorang Babinsa, dirinya memiliki tanggung jawab untuk menjaga wilayah agar tetap aman dan kondusif. Salah satunya adalah dengan membantu menyelesaikan permasalahan karena kesalahpahaman antar warganya.

“Saya berupaya memediasi kedua warga dengan mempertemukan kedua belah pihak yang bermasalah di Balai Kampung Korombobi,” ungkap Babinsa.

“Diharapkan masing-masing pihak yang telah hadir saat ini, dapat memberikan keterangan yang jujur dan benar, serta tidak saling mempertahankan egonya masing-masing, karena setiap masalah sebesar apapun pasti ada jalan keluarnya dan harus diselesaikan dengan bermusyawarah. Karena jika tidak diselesaikan dengan musyawarah, nantinya akan dapat menyebabkan permasalahan yang lebih besar lagi. Dengan adanya mediasi ini, tidak ada keributan yang terjadi kedepannya,” tegas Sertu Jhon kepada seluruh warga yang hadir.

“Setelah mendapat arahan serta bimbingan dari Absalom Kamawa, selaku Bamuskam Kampung Korombobi, akhirnya kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan, disertai kesepakatan lewat surat perjanjian disertai tanda tangan diatas materai dari kedua belah pihak yang bermasalah, agar kedepannya tidak timbul lagi permasalahan serupa,” tutup Babinsa.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

APLIKASIKAN BINTER TERPADU, KODIM 1710/MIMIKA GELAR PERKEMAHAN SABTU MINGGU (PERSAMI) SAKA WIRA KATIKA

Timika ~  Kodim 1710/Mimika menggelar Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) Pramuka Saka Wira Kartika yang digelar …