Pangdam Cenderawasih Pimpin Upacara Penerimaan Dan Pelepasan Satgas Kopasgat TNI AU

Bertempat di Baseops Lanud Silas Papare, Sentani, Kab. Jayapura, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han memimpin upacara penerimaan dan pelepasan Satgas Kopasgat TNI AU Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan BKO Kodam yakni menerima Yonko 461 Kopasgat dan melepas Yonko 468, Kamis (4/4/2024) pukul 17.00 WIT.

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E.,M.M dalam keterangannya.

Pada kesempatan ini, Pangdam XVII/Cenderawasih selaku Inspektur Upacara menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Satuan Kopasgat TNI AU yang telah bertugas di Papua atas segala Dharma Bakti yang telah diberikan kepada bangsa dan negara.

“Saya berharap keberhasilan dan pengalaman ini tidak membuat cepat berpuas diri, namun dijadikan pemacu semangat dan motivasi serta menambah wawasan dalam menghadapi tugas lainnya di masa mendatang,” jelas Pangdam.

Lebih lanjut, Pangdam memberikan beberapa arahan antara lain tentang pentingnya menjaga keamanan personel dan materiil saat kembali, serta menghindari hal-hal yang merusak citra TNI maupun diri sendiri, termasuk di dalamnya tidak membawa hewan ataupun tumbuhan yang dilindungi.

“Bagi satuan Kopasgat yang baru, selamat bertugas dan lanjutkan keberhasilan dari satuan yang akan diganti. Amankan Bandara-Bandara di Papua karena masyarakat masih tergantung pada penerbangan, dukungan logistik, evakuasi dan lain sebagainya. Sehingga kehadirannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ungkap Pangdam.

“Laksanakan tugas dengan baik, tindaklanjuti kekurangan satuan yang diganti agar tugas semakin baik, Papua semakin hari semakin baik. Terus atasi permasalahan-permasalahan, termasuk ancaman dari KKB yang selalu membuat kesan Papua tidak aman. Namun tidak boleh terpancing, sehingga harus terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan satuan lainnya. Jika ada gangguan jangan lengah dan perhatikan prosedur yang sudah ditetapkan,” tambah Mayjen TNI Izak Pangemanan.

Turut hadir dalam upacara ini, Brigjen TNI Hariyanto (Kasdam XVII/Cen), Brigjen TNI Mucklis (Irdam), Brigjen TNI Ahmad Fauzi (Kapoksahli), Brigjen TNI Dedi Hardono, S.IP (Danrem 172/PWY), Kolonel Inf Suhartono, S.I.P (Danrindam), Kolonel Inf Wilson Napitupulu, S.I.P., M.A.P. (Asrendam), Kolonel Inf Luhut Bernandus Sidabariba, S.I.P., M.M. (Asintel Kasdam), Kolonel Inf Beny Rahadian (Asops Kasdam), Kolonel Inf Abd. Rahman (Aspers Kasdam), Kolonel Arm Ayi Yosa Karya W (Aslog Kasdam), Kolonel Inf Mukhamad Akbar (Aster Kasdam), Kolonel Tek Fitriko, M. Tech (Kadislog Lanud SPR), Kolonel Adm Gusti Sopyannur, S.E (Kadispers Lanud SPR), Kolonel Nav Sunardi (Kadisops Lanud SPR), Letkol Pas Efendi Hermawan, M. Han (Dansatgas Kopasgat lama), Letkol Pas Agus Muhammad A.H.A  (Dansatgas Kopasgat baru), AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen (Kapolres Jayapura).

Check Also

Sukseskan Ketahanan Pangan, Koramil 1708-06/Supiori Utara Bersama Warga Laksanakan Panen Raya

Supiori ~ Danramil 1708-06/ Supiori Utara Mayor Cku (K) Patresia Siante bersama anggotanya dan masyarakat …