Pangdam XVII/Cenderawasih Mengikuti Apel Komandan Satuan TNI AD TA. 2023 Digelar Di Akademi Militer Melalui Vicon

Jayapura – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Daerah XVII/Cenderawasih mengikuti kegiatan Apel Dansat TNI AD TA 2023 yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M beserta Ibu Ketua Umum di Akademi Militer secara Video Conference (Vicon) di Makodam XVII/Cenderawasih, Kamis (09/03/2023).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Apel para Komandan Satuan diikuti oleh Pangkostrad, Irjenad, Koorsahli Kasad, Danpussenif, Danpusterad, Ka RSPAD, Para Pangkotama, Para Asisten Kasad, Danjen Kopassus, Dansecapa, Danseskoad, Dan Pussen dan para Dan/Dir/Kabalakpus jajaran TNI AD serta Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana beserta isteri Peserta Apel Dansat.

“Kegiatan Apel Dansat TNI AD tersebut diagendakan selama dua hari mulai hari Kamis tanggal 9 sampai dengan hari Jumat tanggal 10 Maret 2023 di Akademi Militer. Oleh karenanya, Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih didampingi Ny. Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih beserta Para Komandan Satuan yang berada di wilayah Papua akan mengikuti melalui Vicon,” jelas Kapendam XVII/Cenderawasih.

Sementara itu, mengawali kegiatan Apel Komandan Satuan, Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M memberikan salam selamat datang kepada para peserta Apel Dansat TNI AD TA 2023 di Akademi Militer Magelang.

“Semoga kegiatan ini, dapat mencapai sasaran yang diinginkan yaitu menyamakan persepsi para Komandan Satuan guna mengoptimalkan pembinaan satuan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD,” jelas Kasad.

“Apel Dansat TNI AD ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membangun komunikasi dua arah antara Pimpinan TNI AD dengan para Dansat sehingga dapat mewujudkan pemahaman tentang Pokok-pokok Kebijakan Pimpinan TNI AD serta meningkatkan peran dan profesionalisme para Dansat dalam setiap pelaksanaan tugas pokok dalam rangka meningkatkan kualitas pembinaan satuan,” tegas Kasad.

Disamping itu, Bapak Kasad menekankan kepada para Dansat agar Pembinaan Satuan dilaksanakan secara benar.

“Dalam pelaksanaan pembinaan Satuan, para Komandan Satuan dituntut untuk memaksimalkan kualitas pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya, serta mengidentifikasi berbagai permasalahan di satuan untuk merumuskan konsep pembinaan satuan yang terbaik melalui peningkatan kepedulian, kepekaan, integritas dan profesionalisme dalam rangka mendukung keberhasilan tugas pokok TNI AD,” pungkas Kasad.

“Apel Dansat ini diselenggarakan juga untuk membantu Pemerintah dalam mendukung pembangunan nasional salah satunya menata kembali perekonomian negara akibat dampak dari pandemi ditengah isu resesi global. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama seluruh komponen bangsa termasuk TNI AD dalam mewujudkan pembangunan nasional untuk memanifestasikan masyarakat adil dan makmur yang merata,” kata Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M.

Apel Komandan Satuan TNI AD TA. 2023 bertemakan, Melalui Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD TA 2023 Kita Tingkatkan Kemampuan Dansat Guna Mewujudkan TNI AD Patriot NKRI Yang Profesional Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Nasional.

Lebih lanjut, Kasad menekankan agar seluruh peserta mampu melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan Apel Dansat TNI AD ini dengan sungguh-sungguh serta dilandasi semangat, rasa tanggung jawab dan berbuat yang terbaik untuk ikut serta berperan menyumbang pikiran dan gagasan yang konstruktif demi kemajuan organisasi TNI AD di masa yang akan datang.

“Peran istri di organisasi Persit yaitu sebagai bentuk dukungan penuh kepada suami yang senantiasa memberikan dorongan dan motivasi positif bagi karier suami demi keberhasilan dalam setiap pelaksanaan tugas dan organisasi. Selain itu, organisasi Persit mengajarkan kepada istri-istri kita tentang bergaya hidup sederhana yang selalu membiasakan diri untuk hidup sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku,” kata Kasad.

Pejabat yang turut hadir mendampingi Pangdam XVII/Cenderawasih dan Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih, Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring beserta Istri, Danrindam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Suhartono, S.I.P. beserta Istri, Danpomdam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpm Eko Yuni Sulistyo, S.H beserta Istri, Danyonif RK 751/VJS Letkol Inf Untung Iswahyudi, S.Sos., M.Hum., M.Han. beserta Istri.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Babinsa Tigi Laksanakan Pengamanan Dan Pemantauan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Deiyai ~ Babinsa Koramil 1703-02/Tigi Serka Petrik Yarances bersama 5 orang rekan lainya dan Bhabinkamtibmas …