Pangdam XVII/Cenderawasih Resmikan Pastoran Gereja Katolik Stasi Santa Maria Koya Koso

Keerom – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa meresmikan Pastoran Gereja Katolik Stasi Santa Maria, bertempat di Kampung Koya Koso, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Selasa (31/1/2023).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Pada kesempatan tersebut, sebelum pelaksanaan Prosesi Peresmian dan pengguntingan pita dan syukuran pemberkatan Pastoran Gereja Katolik Stasi Santa Maria, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menyampaikan dalam mencapai tujuan hidup pada dasarnya sama yaitu akan kembali kepada Tuhan dan mengharapkan surga dengan berbagai macam cara.

“Pembangunan Pastoran ini adalah juga jalan kepada Tuhan. Mudah-mudahan dengan semangat mendekatkan diri kita kepada Tuhan, maka Tuhan akan memberikan rejeki dan rahmat tanpa disangka-sangka. Tetapi memang kuncinya harus sabar dan berusaha,” jelas Pangdam XVII/Cenderawasih.

Selanjutnya Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan ucapan selamat atas pemberkatan rumah Pastor dalam rangka membangun iman. Karena peran Pastur, Romo dan ulama sangat diperlukan agar tidak lupa dan dekat dengan Tuhan.

“Semua ini sangat penting bagi kehidupan masa depan anak-anak. Jadi semua berperan dan kita bersatu membantu masa depan anak-anak,” kata Mayjen TNI Muh. Saleh.

“Mari kita bersatu, apa yang kira-kira kita bantu untuk anak-anak yang ada disini,” tegas Pangdam.

Tidak hanya itu, Pangdam XVII/Cenderawasih juga memberikan informasi terkait hasil kegiatan pertemuan di Jakarta, khususnya tentang kondisi perekonomian tahun 2023.

“Saya sudah sampaikan kepada Danrem dan Dandim untuk melalui Gereja, kita memperkuat kehidupan sosial kemasyarakatan dan ekonomi kemasyarakatan mulai dari hal terkecil, diantaranya memanfaatkan lahan yang ada dengan menanam yang bermanfaat, misal jagung, batatas dan lainnya. Sehingga tercipta pasar umat untuk saling bantu,” kata Pangdam.

“Bibit-bibit sudah saya siapkan. Termasuk di tahun 2023 kita juga harus menyiapkan kekekuatan iman, maka diharapkan kepada Pastor, Pendeta, Kyai dan Ustazd sama-sama menjaga umat, supaya keimanan semakin kuat, tebal dan semakin dekat keyakinannya kepada Tuhan dan mendapat jalan yang terbaik,” tutup Pangdam XVII/Cenderawasih.

Di tempat yang sama Pastor Jhon Jonga Ketua Stasi Bunda Maria Koya mengatakan baru pertama kali dalam Gereja Katolik untuk peresmian sebuah Pastoran di Kampung Koya Koso Kota Jayapura oleh Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih secara langsung meresmikan gedung kecil Pastoran.

“Hal ini luar biasa dan mulai dari 2 hari yang lalu para Babinsa sudah ada di Gereja untuk membereskan persiapan peresmian Gedung Pastoran ini,” pungkas Pastor Jhon Jonga.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Danrem, Bapak Dandim juga selalu hadir di sini kami berterima kasih juga baru terjadi pertama kali di dalam Gereja Katolik menyumbang Wam.”

“Saya sebagai Pastor di wilayah ini Koya Koso, Koya Barat, Koya Timur dan Koya Tengah sampai di daerah Wutung itu sebenarnya sangat membutuhkan kerjasama untuk pelayanan baik kesehatan, pendidikan dan juga Ekonomi.”

“Dua hari lagi warga umat Katolik seluruh ke Uskupan Jayapura dari Wamena sampai dengan Pegunungan Bintang ada pesta besar lagi di Gereja Katedral hari Selasa yaitu Pentabisan Uskup kami mengharapkan bahwa semuanya mudah-mudahan kita bisa bertemu lagi Bapak Pangdam, Bapak Danrem dan Bapak Dandim serta Bapak-bapak dan Ibu-ibu rame-rame kesana. Kami sebagai keluarga umat Allah di wilayah Koya ini cukup harmonis ada di sini keluarga Muslimin ada keluarga Gereja-gereja Kristiani yang lain seperti Katolik GKI Pantekosta dan lain sebagainya dari kami cukup bersatu dan cukup kompak dalam kehidupan sebagai warga masyarakat itu di Koya Koso ini.”

“Saya memang mengharapkan pada hari ini supaya Bapak Pangdam bisa menjadikan tempat di sini untuk Kodim Jayapura atau Polsek Muara Tami untuk menjadi tempat pembinaan antara anak muda saya dengar sekarang banyak sekali kesempatan untuk anak-anak yang jago main bola itu harus melalui pendidikan khusus dalam pelajaran sekolah,” tutup Pastor Jhon Jonga.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring, S.H., S.E., M.M., Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Yanerdi Mulyadi, S.I.P., M.H., Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Richard Arnold Y. Sangari, S.E., M.M., Kasiter Kasrem 172/PWY Kolonel Kav. Enda M Arahap, S. Sos., Kabintaldam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Ahmad Syaikhu, S. Ag, M.Pd., Dir intel Polda Papua Kombespol Dr. Tagor Hutapea S.I.K., M.Si., Danramil 1701/03/Abepura Lettu inf Mustafa, Kapolsek Muara Tami AKP Cornelis Dima, Ketua Stasi Bunda Maria Koya Pastor Jhon Jonga, dan Kepala Kampung Koya Koso Bapak Ananias Sabal.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Didampingi Kasdam Cenderawasih Kunker ke Boven Digoel dan Merauke, Ini Pesan Wakasad

Dalam kunjungan kerjanya hari kedua di wilayah Papua, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen …