Pesan Kasdam Cenderawasih Kepada 601 Personel Yang Naik Pangkat

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI diwakili Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto memimpin acara Laporan Korps Kenaikan Pangkat personel Kodam XVII/Cenderawasih periode 1 April 2024 sebanyak 601 orang, terdiri dari Pamen 28 orang, Pama 33 orang, Bintara 459 orang, Tamtama 77 orang dan Pegawai Negeri Sipil 4 orang, bertempat di Aula Tonny A. Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Papua, Senin (1/4/2024).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M. dalam keterangannya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Irdam XVII/Cen Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M., Kapoksahli Pangdam XVII/Cen Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., Para Asisten Kasdam XVII/Cen, Para Pejabat dan Dansat/Kabalak Kodam XVII/Cen, Para Pengurus Persit KCK PD XVII/Cen serta para Prajurit dan PNS Kodam XVII/Cenderawasih.

Sementara itu saat mengawali acara ramah tamah, salah satu perwakilan dari Perwira Menengah (Pamen) yang naik pangkat, Katopdam XVII/Cen Kolonel Ctp Edy Sumanto, S.Si., M.SC mengungkapkan rasa harunya karena diberikan penghargaan, sehingga menjadi tugas dan tanggung jawabnya untuk melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Di tempat yang sama saat membacakan amanat Pangdam XVII/Cen, Kasdam menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh personel Kodam XVII/Cenderawasih yang mendapat kehormatan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat lama, demikian pula kepada para istri yang ikut mendampingi suaminya dalam melaksanakan korps raport.


Dari data yang diperoleh untuk kenaikan pangkat bagi Perwira yang melaksanakan korps raport di Makodam XVII/Cenderawasih sebanyak 33 orang, yaitu : ke Kolonel 4 orang, ke Letkol 8 orang, ke Mayor 6 orang dan ke Lettu 15 orang.

“Kenaikan pangkat bagi prajurit merupakan penghargaan yang diberikan negara atas prestasi, dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang telah ditunjukkan,” jelas Kasdam.

“Persembahkan karya terbaik bagi kemajuan Kodam XVII/Cenderawasih, TNI Angkatan Darat, bangsa dan negara.”

“Saya berpesan semakin tinggi pangkat yang disandang seseorang, maka semakin tinggi pula tuntutan tanggung jawab atas pelaksanaan tugas yang diembannya. Selain itu, sebagai hamba Tuhan Yang Maha Esa kita harus meyakini bahwa kenaikan pangkat merupakan rahmat dan anugerah yang harus diterima dengan penuh rasa syukur dengan cara meningkatkan kualitas kepemimpinan secara profesional dan proporsional dalam mengemban setiap tugas dan tanggung jawab di mana pun kita berada,” tutup Kasdam.

Momen ini terasa spesial karena dilanjutkan dengan pemberian tausiyah dan berbuka puasa bersama.

Saat didaulat memberikan tausiyah, Kabintaljarahdam XVII/Cen Kolonel Inf Akhmad Syaikhu, S.Ag. memberikan tausiyah tentang bagaimana mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.


“Bentuk bersyukur adalah mentaati atas perintah dan larangannya. Bersyukur salah satunya mensyukuri kenaikan pangkat karena prestasi dan hasil perjuangan. Namun harus amanah dengan meningkatkan kualitas dalam ibadahnya,” terang Kabintaljarahdam.

Check Also

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Jaga Hubungan Dengan Masyarakat Melalui Komsos

Timika ~ Kondisi wilayah binaan merupakan tanggung jawab Babinsa selaku aparat kewilayahan dan untuk mengantisipasi …