Sambut Natal Di Puncak Papua, Ini Kebahagiaan Dari Satgas Yonif R 303/SSM Untuk Masyarakat

Puncak – Sebagai bentuk ketulusan hati dan partisipasi kepada warga Kampung Dambet, Satgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad melaksanakan rangkaian kegiatan karya bakti bersama masyarakat yang diawali dengan melaksanakan pembersihan lingkungan Gereja, merovasi Gereja dan diakhiri melaksanakan makan bersama untuk menyambut Hari Besar Umat Nasrani yaitu Hari Raya Natal dan Tahun Baru di Kampung Dangbet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak , Papua, Sabtu (17/12/2022).

Demikian disampaikan Dansatgas Satuan Organik Yonif R 303/SSM Letkol Inf Slamet Faojan, M. Han., dalam keteranganya di Komando Taktis (Kotis) Ilaga Kabupaten Puncak Papua.

“Kegiatan karya bakti untuk menyambut Hari Natal tanggal 25 Desember 2022 dilaksanakan oleh personel Satgas di Kampung Dangbet merupakan wujud ketulusan hati dan partisipasi Satgas dalam menjaga hubungan umat beragama sekaligus mendekatkan TNI kepada masyarakat. Dengan kehadiran kami TNI diharapkan membawa kebahagian kepada masyarakat khususnya di wilayah Kampung Dambet,” jelas Dansatgas.

“Personel Satgas TNI Yonif 303 harus bisa jadi panutan di lingkungan masyarakat. Hal ini juga menunjukkan bahwa TNI berasal dari rakyat. Oleh karenanya, mari sama-sama membantu memeriahkan dan bersuka cita atas datangnya Hari Natal yang akan di selenggarakan oleh umat Nasrani di Jemaat Gereja Dangbet. Mudahan-mudahan dengan bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan kerja dan memaksimalkan persiapan menyambut Hari Besar Natal serta menumbuhkan kegembiraan masyarakat disekitar kita,” imbuhnya.

Sementara itu, Komandan Pos (Danpos) Dangbet Satgas Yonif R 303/SSM, Lettu Inf Adi Nugrtoho, S.Tr.Han menyampaikan bahwa program rangkaian kegiatan karya bakti dalam menyambut Natal merupakan usaha tulus hati yang dilaksanakan oleh personel TNI semata mata untuk mewujudkan keragaman umat beragama serta bentuk tolerasi kepada masyarakat Kampung Dangbet yang rata-rata merupakan umat Nasrani, sekaligus sebagai aparat keamanan dalam membangun kampung bersama dengan masyarakat melalui rangkaian kegiatan karya bakti yang diawali dengan pelaksanakan pembersihan lingkungan Gereja, melaksanakan perehaban fasilitas Gereja dengan mengganti papan nama Gereja dan diakhiri dengan pelaksanakan makan bersama dengan masyrakat Kampung Dangbet.

“Tujuan dari semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas Yonif R 303/SSM untuk menyambut datangnya Hari Besar Natal di wilayah Kampung Dangbet, Distrik Beoga. Dengan bekerja sama dengan Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat sekitar, rangkaian kegiatan karya bakti dapat dilaksanakan dengan baik dan aman,” kata Danpos.

“Budaya serta adat yang ada di wilayah Papua khususnya wilayah Kampung Dangbet adalah dengan melaksanakan pembersihan Kampung dan fasilitas Ibadah apabila mendekati Hari Perayaan umat beragama yaitu Hari Besar Natal. Keterbatasan masyarakat dalam mempersiapkan Hari Besar Natal terlihat sebagai panggilan hati kepada personel Satgas Yonif R 303/SSM dalam membantu menyiapkan serta bekerja bersama dengan masyarakat untuk memeriahkan suka cita Hari Natal.”

“Yang dilakukan personel Satgas adalah hal yang positif dengan adanya rangkain kegiatan tersebut menjadikan bahwa aparat TNI selalu senantiasa menjadi panutan serta unsur pemberi solusi dari setiap kegiatan yang dilaksanakan bersama masyarakat. Kegiatan diawali dengan melaksanakan pembersihan lingkungan Gereja dengan melaksanakan pemotongan rumput, dilanjutkan pembuatan papan plank nama Gereja yang telah usang dibuatkan yang baru oleh personel Satgas serta diakhiri dengan pelaksanaan makan bersama di Gereja Kp. Dangbet dilaksanakan dengan baik, khitmat dan aman,” ungkap Danpos

Melihat apa yang dilakukan oleh Prajurit TNI, Bapak Pendeta Edo (28) sebagai tokoh agama mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi Satgas bersama dalam menyiapkan menyambut Hari Besar Natal di lingkungan Kampung Dambet.

“Ketulusan hati dan kerja keras Satgas semoga bisa memberikan warna dan suka cita di wilayah kampung Dangbet terutama kepada umat Nasrani yang merayakan hari besar Natal meskipun dengan banyaknya keterbatasan daya dan fasilitas memadai. Semoga semangat natal selalu ada di antara Personil Satgas dan masyarakat,” ungkap Bapak Pendeta Edo kepada Satgas Dangbet Yonif 303/SSM

“Terima kasih Bapak TNI dan Bapak petugas Pos Dangbet, Puji Tuhan kami doakan seluruh anggota Satgas lancar dalam melaksanakan tugas demi mengamankan bangsa Indonesia pada umumnya dan Kampung kami pada khususnya,” tutup Pendeta Edo.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Peringati Harkitnas, Kapoksahli Pangdam Cenderawasih : Menatap Masa Depan dengan Penuh Optimisme, Kepercayaan Diri dan Keyakinan

“Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”, merupakan tema yang diusung pada peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional …