Babinsa Koramil 1710-05/Jila Dampingi Dispermades Evaluasi Dan Menilai Kinerja Pegawai TA. 2023

Timika ~ Peran utama Babinsa adalah menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya. Mereka membantu dalam pengawasan keamanan desa atau kelurahan serta berperan untuk mendampingi proses pembangunan di wilayahnya.

Selain itu, Babinsa dapat memberikan masukan dan saran kepada pemerintah daerah mengenai kebutuhan dan prioritas pembangunan di tingkat desa atau kelurahan. Dengan demikian, pembangunan dapat lebih tepat sasaran dan berdampak positif bagi masyarakat setempat.

Seperti halnya, Babinsa Koramil 1710-05/Jila Sertu Melvin Lokobal yang sedang mendampingi Tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kab. Mimika dalam kegiatan monitoring, Evaluasi dan penilaian kinerja pegawai tahun anggaran 2023 di Kampung Pasir Putih dan Jila, Distrik Jila, Papua Tengah, Rabu (18/10/2023).

Menurut Sertu Melvin, peran paling penting Babinsa adalah dalam pemberdayaan masyarakat. Mereka harus aktif berinteraksi dengan masyarakat setempat untuk memahami kebutuhan dan potensi yang ada. Melalui program-program pemberdayaan, Babinsa dapat membantu masyarakat mengembangkan keterampilan, meningkatkan produksi pertanian, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

“Babinsa juga memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan informasi mengenai program-program pemerintah kepada masyarakat termasuk program pembangunan agar pemerataan pembangunan sampai ke pelosok dapat terwujud,” ujarnya.

“Babinsa juga menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya dan membantu masyarakat dalam memahami manfaat dan prosedur yang terkait dengan program tersebut. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa program-program pemerintah dapat memberikan dampak positif yang maksimal bagi masyarakat,” katanya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Kodim 1709/Yawa Gelar Syukuran Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Yapen ~ Kodim 1709/Yawa menggelar syukuran Hari Ulang Tahun ke-61 Kodam XVII Cenderawasih dengan mengusung …