Bangun Rumah Baca, Satgas TNI 303/SSM Peduli Pendidikan Di Papua

Puncak – Guna meningkatkan minta baca dan tulis anak-anak sekolah diwilayah Papua, Satgas Satuan Organik Yonif Raider 303/SSM membantu membuka rumah baca dan tulis di Distrik Wuloni Kabupaten Puncak, Papua. Kamis (6/10/2022).

Keterbatasan fasilitas maupun sarana pendidikan di Distrik Wuloni, membuat anak-anak sekolah sementara tidak ada kegiatan pembelajaran.

Hal tersebut disebabkan akibat pasca konflik yang terjadi satu tahun silam yakni pembakaran sarana umum termasuk sekolah yang dilakukan oleh oknum atau pihak yang tidak bertanggung jawab.

Saat ini kondisi fasilitas Sekolah Dasar sudah tidak ada Distrik Wuloni. Mereka harus berjalan sejauh 8 Km ke Kota Ilaga untuk mendapatkan pembelajaran di sekolah.

Hal inilah yang melatarbelakangi Danpos Wuloni Satgas Satuan Organik Yonif Raider 303/SSM Lettu Inf Risma untuk membangun rumah baca dan menulis untuk anak-anak.

Dari rumah baca dan tulis yang dibuatnya diharapkan dapat membantu anak-anak untuk tetap termotivasi dan bersemangat belajar demi menggapai cita-cita.

“Kami menggunakan bangunan kosong yang tidak digunakan untuk dijadikan tempat pembelajaran anak-anak, banyak anak-anak senang berkunjung ke Pos, karenanya Prajurit Satgas TNI 303/SSM hadir untuk membantu mengajar, berbagi ilmu, dengan harapan anak-anak siswa sekolah tersebut tetap termotivasi dalam belajar,” ungkap Danpos.

Sementara itu, disampaikan Dansatgas Letkol Inf Slamet Faojan, M. Han dalam keterangannya di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, melalui kegiatan tersebut, dapat memberikan efek semangat dan motivasi tinggi anak-anak pelajar untuk terus belajar lebih rajin lagi dalam mengejar mimpi-mimpinya kelak sebagai pemimpin Bangsa dan Negara dimasa yang akan datang.

“Kami berharap, dengan apa yang kami lakukan ini dapat membantu meningkatkan keinginan bersekolah dan semangat belajar bagi anak-anak sehingga dapat mendorong kemajuan bangsa ini. Masa depan bangsa bergantung pada pembelajaran mereka dimasa dini,” jelas Dansatgas.

Terlihat kebahagian Mawes (5), anak kecil yang turut belajar di Rumah Baca, merasa senang. Keceriaan dan semangat nampak hadir terlihat diwajahnya.

“Kita senang, terima kasih,” ungkapnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Karya Bakti Dan Bakti Sosial Rindam Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Sentani – Sebagai satuan yang berkedudukan di bawah, maka Rindam XVII/Cen ikut berpartisipasi dalam rangka …