Batalyon Infanteri RK 751/VJS Bersama Basarnas Merawat Lereng Cyclop Dengan Menanam Pohon

Sentani – Peduli terhadap resiko longsor dan keseimbangan alam, Yonif RK 751/VJS turut hadir dalam acara penghijauan lereng gunung Cyclop bertempat dikawasan cagar alam Cyclop,belakang CPA Horosi, Sentani, Kab.Jayapura. Senin (27/02/2023).

Pohon memiliki peran yang amat penting bagi keberlangsungan makhluk hidup. Hilangnya satu pohon berarti memutus mata rantai kehidupan. Selain menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida, pohon dilereng pegunungan juga berfungsi untuk mengikat dan menahan tanah sehingga tidak terjadi longsor saat tergerus air.

Demikian disampaikan oleh Danyonif RK 751/VJS Letkol Inf Untung Iswahyudi S.Sos., M.Hum., M.Han, dalam keterangan tertulisnya.

Bahwa acara penanaman bibit pohon yang dilaksanakan pagi ini diselenggarakan oleh kantor Basarnas Kab. Jayapura dengan menggandeng beberapa Instansi diantaranya Yonif RK 751/VJS, Lanud Silas Papare, Polres Jayapura, Sat Karya Pramuka SAR, dan Club Pecinta Alam.

“Acara penghijauan yang dilaksanakan dicagar alam Gunung Cyclop ini merupakan rangkaian acara yang di inisiasi oleh Kantor Basarnas Kab. Jayapura dalam menyambut hari ulang tahunnya ke 51 yang jatuh pada tanggal 28 Februari mendatang,” pungkas Danyonif.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Kantor Basarnas Kab. Jayapura Bapak Sunarto S.IAN, Kadispotdirga Kolonel (Kal) Taufiq Giri Sugiharto, S.E., Kapolsek Sentani AKP Roziqin, S.H., dan Ketua CPA Hirosi Marshal Suebu.

Dalam sambutannya, Ketua Kantor Basarnas Kab. Jayapura menyampaikan terimakasih atas kesediaan para undangan untuk hadir, dan ia menjelaskan bahwa penanaman pohon ini merupakan sebuah langkah untuk melestarikan hutan di area pegunungan Cyclop.

“Semoga kegiatan penghijauan seperti ini dapat terus dilaksanakan guna melestarikan hutan di Papua khususnya Kab. Jayapura,” tutup Sunarto.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Sukseskan Ketahanan Pangan, Koramil 1708-06/Supiori Utara Bersama Warga Laksanakan Panen Raya

Supiori ~ Danramil 1708-06/ Supiori Utara Mayor Cku (K) Patresia Siante bersama anggotanya dan masyarakat …