Dandim 1709/Yawa Ikuti Upacara Peringatan Gerakan Nasional Bela Negara

Yapen – Berlokasi di Halaman Kantor Bupati Jl. Irian no 1 Serui Distrik Yapen Selatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Komandan Kodim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho, S.IP., M.I.P bersama seluruh anggotanya mengikuti Upacara Peringatan Gerakan Nasional Bela Negara dengan Tema ” Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku”, Senin (19/12/2022).

Dalam kegiatan upacara tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara, Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Cyfrianus Y. Mambai, S. pd., M.Si, Komandan Upacara, Pasi Ter Kodim 1709/Yawa Kapten Inf Pawawoi Tahir, S.E, dan Perwira upacara IPDA Marno KBO Sat Binmas Polres. Kep. Yapen.

Kegiatan diawali dengan Pengibaran Bendera Merah Putih dan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Pembacaan Ikhrar Bela Negara yang dibacakan oleh Yohanes Hugo Numberi S.Sos Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Kep. Yapen.

Dalam amanat Presiden Republik Indonesia yang dibacakan oleh Pj. Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen mengatakan pada tanggal 19 Desember 2022 ini, semua dapat memperingati Hari Bela Negara yang ke-74, untuk meneguhkan niat bahwa upaya membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa.

“Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air, seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara, kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang, oleh karena itu kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara,” jelas Pj. Bupati.

“Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wiiayah, serta keselamatan bangsa dan negara, Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara nilai dasar Bela Negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai Ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan kemampuan awal Bela Negara, nilai-nilai inilah yang harus terus diumplementasikan dalam Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Erny Reny Tania, S.IP Sekda Kab. Kep. Yapen, Oktovianus Ayorbaba S.E., S.Sos., M.SI Asisten II Setda Kab. Kep. Yapen, Ir. Wahyudi Irianto Asisten III Sekda Kab. Kep. Yapen,Roy Palunga Anggota DPRD dan ketua IKT Kab. Kep. Yapen,Sonny Arnoled Woriya S. Pd. MT Ka Kesbangpol Kab. Kep Yapen,Nurhadi Alhuri Kadis perhubungan Kab. Kep. Yapen,Para OPD Kab. Kep. Yapen,Para,Para Tokoh Agama,Tokoh Adat,Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, 2 SST Personel Kodim 1709/Yawa,1 SSR Personel Polres Kep. Yapen,2 SST Korpri Kab. Kep. Yapen dan 2 SSR ASN Kab. Kep. Yapen.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Komsos Jadi Media Babinsa Koramil 1709-03/ Waropen Bawah Dekat Dengan Warganya

Waropen ~ Komunikasi sosial merupakan salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat dan …