Pangdam XVII/Cenderawasih : Bazar Secara Serentak Untuk Kebutuhan Masyarakat Di Wilayah Papua

Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-78 yang diperingati pada 5 Oktober mendatang, satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih mengelar kegiatan Bazar secara serentak di wilayah Papua, dengan melibatkan 3 matra TNI, yaitu AD, AU, dan AL, sebagai wujud kepedulian untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan kebutuhan pokok yang lebih murah dibanding harga di pasaran dan membangkitkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat.

 

Pada kegiatan Bazar yang diselenggarakan oleh Korem 172/PWY secara resmi dibuka oleh Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono, S.I.P yang dihadiri Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han didampingi Ketua Dharma Pertiwi Daerah H, Ny. Juliet Izak Pangemanan, bertempat di lapangan Trikora, Abepura, Jayapura, Senin (25/9/2023)

Mengawali kegiatan ini, Danrem 172/PWY mengatakan kegiatan Bazar yang diselenggarakan sampai dengan 27 September 2023 atas kerjasama yang melibatkan Lantamal X dan Lanud Silas Papare beserta pelaku UMKM dengan seluruh mitra, para pengusaha dan pemilik Grosir serta seluruh elemen masyarakat di wilayah Papua guna menyediakan berbagai kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya.

“Kegiatan Bazar membantu perekonomian masyarakat. Untuk itu, mari sebarluaskan informasi terkait kegiatan ini, baik di kota maupun di Kabupaten Jayapura,” pungkas Danrem.

Sementara itu, saat meninjau kegiatan Bazar, Pangdam XVII/Cen menyampaikan bahwa kegiatan tersebut digelar serentak di wilayah Papua untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok dan berharap kedepan nantinya untuk produk lokal lebih banyak lagi ditampilkan, sebagai upaya menggalakkan produksi lokal.

“Pengembangan produk lokal sudah dilakukan, bahkan Kodam XVII/Cen sudah melakukan penanaman padi di Merauke oleh Korem 174/ATW, demikian juga di daerah lain. Setiap Korem seperti di Wamena, Deiyai, dan Dogiyai melakukan pengembangan bidang pertanian padi dan kedelai. Yang pasti semua Korem sedang melakukan hal ini,” jelas Pangdam.

Lebih lanjut, Pangdam mengungkapkan permasalahan beras saat ini adalah karena bibit yang masih harus dibeli dari Jawa, sehingga Kodam XVII/Cen melakukan penanaman di Merauke yang berdampak positif dan menghasilkan varian baru, karena didukung faktor tanah yang sangat subur, sehingga akan menghasilkan padi yang berkualitas dan bisa menghasilkan beras yang lebih baik.

“Di Wamena akan diadakan pertanian kedelai untuk dijadikan produksi tempe dan tahu. Kemudian didistribusikan ke beberapa daerah lainnya yang semuanya melibatkan para pelaku UMKM dan beberapa Ibu-ibu Persit serta para pelaku usaha dari masyarakat yang dibina hingga saat ini,” tutup Pangdam.

Produk Bazar kali ini dari UMKM yaitu Sembako, pakaian, makanan siap saji, kue, Frozen Food, alat rumah tangga dan alat transportasi, serta berbagai doorprize dan makanan gratis bagi masyarakat pengunjung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M. (Irdam Kodam XVII/Cenderawasih), Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.IP., M.M (Kapoksahli Pangdam XVII/ Cenderawasih), Brigjen TNI Dedi Hardono, S.Ip (Danrem 172/PWY), Marsma TNI M. Dadang Gunawan, S.T., M.M (Danlanud Silas Papare), Kolonel Inf Bayu Sudarmanto, S.E (Kasrem 172/PWY), Kolonel Inf Lukas Sadipun (Asops Kasdam XVII/Cenderawasih), Kolonel Inf Mukhamad Akbar, S.E., (Aster Kasdam XVII/Cenderawasih), Kolonel Laut Berry Antonius, S.H (Aspotmar Lantamal X), Bapak Sem Stenly Merauje, S.Pak., M.M (Staf Ahli Walikota Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan), Bapak Elvin (Wakil pemimpin wilayah BRI Jayapura), dan Ibu-ibu Dharma Pertiwi Daerah H serta Persit KCK PD XVII/Cenderawasih.

Check Also

Komsos Jadi Media Babinsa Koramil 1709-03/ Waropen Bawah Dekat Dengan Warganya

Waropen ~ Komunikasi sosial merupakan salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat dan …