Pangdam XVII/Cenderawasih : TNI Membantu Polda Papua Dalam Mengamankan Situasi Dan Penegakkan Hukum

Jayapura – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengikuti rapat koordinasi Forkopimda dalam rangka menyikapi situasi Provinsi Papua dan penyelenggaraan roda pemerintahan Tahun 2023 di Papua, bertempat di ruang Rapat Sekda Papua, Jayapura, Jumat (13/1/2023).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut, Kapolda Papua diwakili Wakapolda Papua, Ketua DPR Papua, Ketua MRP, Rektor Univ. Cenderawasih, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Ketua Pengadilan Tinggi Papua, Kepala BIN Papua, Danlantamal X Jayapura, Danlanud Silas Papare.

Usai pelaksanaan rapat koordinasi tersebut dilaksanakan jumpa pers dipimpin oleh Sekda Papua sekaligus selalu Plh Gubernur Papua, Bapak Muhammad Ridwan Rumasukun.

Terkait kondisi di wilayah Papua khususnya di wilayah Pegunungan Bintang dijelaskan oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H bahwa pelibatan TNI dalam koridor membantu Polda dalam rangka penegakkan hukum.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengungkapkan tugas TNI saat ini, khususnya di wilayah Pegunungan Bintang dalam rangka membantu Polda Papua dalam menyikapi perkembangan situasi wilayah.

“Untuk TNI sudah memperkuat dan pembantu Polda mengamankan situasi di Oksibil. Termasuk mengamankan sementara warga, khususnya ibu-ibu dan anak-anak. Setelah aman akan dikembalikan,” jelas Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Dan hasil pemantauan untuk kelompok KST sudah menjauh dari warga. Pasukan TNI berjumlah 1 peleton memperkuat dan membantu Polda mengamankan wilayah, khususnya penegakkan hukum, termasuk untuk membantu menangkap pelaku yang dilakukan oleh Polri,” tegas Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Babinsa Tigi Laksanakan Pengamanan Dan Pemantauan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Deiyai ~ Babinsa Koramil 1703-02/Tigi Serka Petrik Yarances bersama 5 orang rekan lainya dan Bhabinkamtibmas …