Penuhi Keinginan Masyarakat Dan Antisipasi Bencana, TNI Membangun Gudang Logistik Permanen Di Sinak Puncak

Papua sebagai wilayah paling Timur Indonesia memiliki potensi bencana yang cukup rawan. Bencana gempa bumi, longsor, banjir sering kali terjadi pada hampir semua Kabupaten di Papua. Demikian pula cuaca ekstrem yang menyebabkan terjadinya kekeringan yang berdampak gagal panen sehingga terjadi bencana kelaparan bagi masyarakat.

Bencana ini seperti halnya terjadi pada tahun 2023 lalu, dimana terjadi bencana kelaparan di wilayah Puncak dan Lanny Jaya akibat kekeringan sehingga masyarakat gagal panen.

Dari study kasus tersebut, Pemerintah Pusat, TNI Polri dan Pemda setempat bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengalami kendala dalam pendistribusian bantuan ke wilayah yang terdampak bencana tersebut. Demikian pula masyarakat tidak memiliki logistik yang cukup dalam menghadapi kekeringan.

Dari kondisi ini, masyarakat Papua dan Pemda setempat berharap kejadian serupa tidak terjadi, sehingga masyarakat tidak cemas, dapat hidup lebih layak dan nyaman serta terhindar dari Bencana.

Untuk itu, TNI dalam hal ini Kodam XVII/Cenderawasih bersama BNPB membangun gudang logistik yang permanen untuk masyarakat dalam rangka pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan juga sebagai tempat penampungan logistik apabila terjadi bencana di sekitar wilayah tersebut.

Demikian disampaikan Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E.,M.M dalam keterangannya.

“Pembanguan gudang logistik ini untuk masyarakat karena dibutuhkan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari maupun untuk mengantisipasi terjadinya bencana,” ungkap Letkol Candra.

“Ini juga mempermudah pendistribusian logistik bantuan ke daerah lainnya. Mari kita dukung pembangunan ini, mari kita jaga bangunan ini apabila sudah berdiri, karena kebutuhan masyarakat adalah Prioritas,” imbuhnya.

Check Also

Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Laksanakan Komsos Kreatif Bangun Keakraban

Puncak Jaya ~ Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Sertu Sugiyanto melaksanakan Komsos Kreatif dengan membangun keakraban dan …