Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 1710-03/KK Secara Intensif Bersihkan Kebun Percontohan Milik Kodim

Timika ~ Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana Serka Agus Salim beserta rekannya melaksanakan pembersihan kebun percontohan milik Kodim 1710/Mimika di Kampung Naena Muktipura, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua Tengah guna memotivasi para petani binaan dalam upaya menciptakan ketahanan pangan wilayah, Rabu (10/1/2024).

Kegiatan tersebut sebagai bentuk peran serta Babinsa dalam rangka mendukung program Pemerintah Daerah guna menciptakan ketahanan pangan di wilayah binaan yang dilaksanakan melalui fungsi pendampingan, membantu langsung dan memberikan motivasi maupun saran masukan.

Pada kesempatan tersebut, Serka Agus Salim memberikan sedikit penjelasan sesuai pengetahuan yang Ia dapat pada saat pelatihan bersama Dinas pertanian diantaranya bahwa selain pembersihan lokasi, pemberian pupuk untuk menunjang pertumbuhan tanaman sangatlah perlu. Namun harus memperhatikan kondisi tanah juga, agar pupuk dapat terserap oleh tanamanan secara optimal.

“Setelah dilaksanakan pembersihan, saat turun hujan sangat pas untuk dilakukan pemupukan guna mendukung pertumbuhan tanaman, karena dengan tanah yang cukup lembab akan lebih memaksimalkan penyerapan pupuk. Pemberian pupuk kali pertama tidak boleh terlalu over, takaran yang diberikan harus secukupnya saja,” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa pendampingan kepada para petani binaan harus terus aktif dilakukan, hal ini dimaksudkan guna mewujudkan peningkatan hasil panen untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat serta mewujudkan ketahanan pangan wilayah.

“Kegiatan yang dilakukan Babinsa semata-mata karena merupakan tugas pokok sebagai motivator agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya,” tandasnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Laksanakan Komsos Kreatif Bangun Keakraban

Puncak Jaya ~ Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Sertu Sugiyanto melaksanakan Komsos Kreatif dengan membangun keakraban dan …