Wujudkan Mimpi Masyarakat Sinak, Kodam XVII/Cenderawasih Lakukan Ini

Distrik Sinak merupakan sebuah wilayah terpencil yang terletak di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua. Belakangan ini menjadi sorotan akibat terjadinya bencana kelaparan yang mengancam kehidupan masyarakatnya disebabkan terjadinya cuaca ekstrim sehingga tanaman yang biasanya menjadi sumber pangan utama penduduk tidak bisa tumbuh dan menjadikan masyarakat setempat dalam keadaan memprihatinkan.

Berada di sekitar pegunungan yang terjal, akses terhadap sumber daya menjadi terbatas, menyulitkan upaya bantuan yang cepat dan efektif.

Dengan kondisi tersebut membuat masyarakat menginginkan dibangunnya suatu gudang logistik untuk digunakan dalam menunjang kehidupan sehari-hari, sekaligus sebagai gudang logistik untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana.

Oleh karenanya kehadiran Dansatgas Pengamanan Pembangunan Gudang Logistik Yonif 751/VJS di Sinak dan Agandugume Mayor Inf Erwan Harliantoro bersama Danramil 1717-02 Sinak Letda Inf Sole Kelmaskouw dan Kepala Desa Gigobak Distrik Sinak Wenny Wanimbo serta Anggota Dewan Kab. Puncak Negro Wanimbo dalam ranka meninjau dan menetapkan Batas wilayah rencana Pembangunan Gudang Logistik di Desa Gigobak 2 Distrik Sinak Kab. Puncak, Senin (12/02/2024) mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

“Untuk mengatasi krisis ini, pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat dalam hal ini Kodam XVII/Cenderawasih bergerak cepat dengan membangun Gudang logistik di Distrik Sinak dan nantinya juga di Distrik Agandugume,” Mayor Inf Erwan Harliantoro Danyonif 751/VJS.

“Kehadiran Pemerintah dan TNI AD khususnya Kodam XVII/Cenderawasih segera menugaskan Yonif 751/VJS sebagai SatgasPam Pembangunan Gudang Logistik, Denzipur 12/OH sebagai Satgas Pembangunan Konstruksi Gudang Logistik bersinergi dengan Koramil 1717-02/Sinak Kodim 1717/Puncak untuk memberikan harapan bagi masyarakat setempat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Erwan mengungkapkan dengan datangnya Pasukan gabungan di Distrik Sinak ini tidak hanya bertugas membangun gudang logistik, tetapi juga memberikan pengamanan serta bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya membantu melaksanakan pengamanan menjelang dilaksanakannya Pilpres 2024 di Distrik Sinak.

“Dengan adanya upaya ini, diharapkan bencana kelaparan yang melanda Distrik Sinak dan Agandugume yang diprediksi oleh BMKG Pusat akan melanda Kedua Distrik ini di Bulan Juni 2024, akan dapat segera teratasi, dan kehidupan masyarakat dapat kembali pulih,” tutupnya.

Check Also

Komsos Jadi Media Babinsa Koramil 1709-03/ Waropen Bawah Dekat Dengan Warganya

Waropen ~ Komunikasi sosial merupakan salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat dan …