Danrem 174/ATW Tinjau Langsung Lahan Program Food Estate Untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan

Merauke – Danrem 174/ATW, Brigjen TNI Agus Widodo, kembali memimpin peninjauan lahan seluas 45 hektar di Kampung Yaba Maru, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi lahan tidur sekaligus mendukung program Pemerintah dalam mewujudkan Swasembada Pangan Nasional di Kab. Merauke, (Kamis, 25 Januari 2024).

Pada kesempatan tersebut, Danrem Agus Widodo menyampaikan komitmennya untuk mewujudkan tujuan tersebut. “Lahan ini akan dijadikan sebagai ladang lahan Food Estate (Pertanian, Peternakan dan Perikanan) dengan harapan masyarakat dapat meningkatkan nilai ekonomis komoditas pertanian mereka,” ujar Danrem.

Langkah proaktif ini merupakan kelanjutan dari pembukaan lahan sebelumnya seluas 126 hektar di Kampung Ivimahad, Distrik Kurik. Danrem menjelaskan bahwa inisiatif ini tidak hanya berhenti pada penyiapan lahan, melainkan juga mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui sektor Pertanian, Peternakan dan Perikanan.

“Dengan memaksimalkan potensi lahan Han Pangan di wil Merauke, kita berharap bisa mendukung program swasembada pangan, baik di tingkat Provinsi Papua Selatan maupun secara nasional. Luasnya lahan pertanian di Kabupaten Merauke dapat menjadi lumbung padi nasional jika dimanfaatkan secara Optimal,” tambah Danrem.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh PJU Korem, antara lain Kolonel Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia (Kasrem 174/ATW), Para Kasi dan Para Kabalak.

Langkah nyata Danrem 174/ATW ini menciptakan momentum penting dalam mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat di wil Papua Selatan. Kolaborasi antar lembaga TNI-AD dan dukungan dari berbagai pihak diharapkan dapat menjadi tonggak keberlanjutan dalam menghadapi tantangan pangan di masa depan.

Check Also

Kodim 1709/Yawa Gelar Syukuran Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Yapen ~ Kodim 1709/Yawa menggelar syukuran Hari Ulang Tahun ke-61 Kodam XVII Cenderawasih dengan mengusung …